SARININGSIH, SARININGSIH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SARAF PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2018 - 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (592kB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
Abstract
SARININGSIH, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Saraf pada Manusia (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem saraf pada manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Juli 2019 di SMA Negeri 1 Sindangkasih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih, sebanyak 3 kelas yang terdiri dari 96 peserta didik. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan literasi sains dan instrumen hasil belajar pada materi sistem saraf manusia yang dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan uji Ancova (Analysis of Covariance) dengan bantuan software SPSS 23 for windows pada taraf signifikan (α) = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem saraf manusia di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Sindangkasih. Kata Kunci: guided inquiry, literasi sains, hasil belajar, sistem saraf.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 17 Apr 2020 03:46 |
Last Modified: | 17 Apr 2020 03:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1552 |
Actions (login required)
View Item |