THE INFLUENCE OF USING PICTURE SERIES ON STUDENTS’ WRITING ABILITY IN PROCEDURE TEXT (An Experimental Study at the Ninth Grade of SMPN 1 Sukarame Tasikmalaya)

MORIS, JENA (2014) THE INFLUENCE OF USING PICTURE SERIES ON STUDENTS’ WRITING ABILITY IN PROCEDURE TEXT (An Experimental Study at the Ninth Grade of SMPN 1 Sukarame Tasikmalaya). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
0. COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
9. CHAPTER I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
10. CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
11. CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
12. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
13. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
14. BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (171kB)

Abstract

JENA MORIS. 2014. The Influence of Using Picture Series on Students’ Writing Ability in Procedure Text (An Experimental Study at the Ninth Grade of SMPN 1 Sukarame Tasikmlaya). Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan picture series terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur. Penelitian ini dilakukan di kelas IX SMPN 1 Sukarame Tasikmalaya tahun ajaran 2014/2015 dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX berjumlah 282 siswa dan memilih salah satu kelas yang berjumlah 30 siswa sebagai sampel dengan menggunakan cluster random sampling technique. Untuk mengumpulkan data, peneliti memberikan tes kepada siswa. Tes dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum pengajaran menggunakan media picture series (pre-test) dan setelah pengajaran menggunakan media picture series (post-test). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes menulis. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t (paired test). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media picture series berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis dan pengujian hipotesis yaitu nilai ttabel lebih kecil daripada thitung (2,04 < 13,30). Sehingga, hipotesis nul (H0) ditolak, dengan kata lain terdapat pengaruh penggunaan media picture series terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur. Selain itu, peneliti juga menghitung seberapa besar pengaruh media picture series terhadap kemampuan menulis siswa dengan menggunakan penghitungan strength of association (eta2) dapat diketahui bahwa media picture series berpengaruh dalam pembendaharaan kosakata, menyusun susunan kalimat dengan baik dan mengembangkan ide ide, sehingga berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis teks prosedur sebesar 85,9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 16 Apr 2020 06:09
Last Modified: 16 Apr 2020 06:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item