PREDIKSI PENJUALAN PRODUK PADA TOKO SRC MENGGUNAKAN ALGORITMA XTREME GRADIENT BOOSTING

Gustiyandi, Zhehan (2024) PREDIKSI PENJUALAN PRODUK PADA TOKO SRC MENGGUNAKAN ALGORITMA XTREME GRADIENT BOOSTING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (55kB)
[img] Text
3. penguji.pdf

Download (106kB)
[img] Text
4. pernyataan.pdf

Download (105kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text
6. motto.pdf

Download (129kB)
[img] Text
7. kata pengantar.pdf

Download (200kB)
[img] Text
8. daftar isi.pdf

Download (205kB)
[img] Text
9. bab i.pdf

Download (151kB)
[img] Text
11. bab ii.pdf

Download (524kB)
[img] Text
12. bab iii.pdf

Download (257kB)
[img] Text
13. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
15. daftar pustaka.pdf

Download (214kB)
[img] Text
16. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)

Abstract

Perkembangan era digital menyebabkan persaingan yang semakin ketat di sektor retail, termasuk pada toko SRC Pak Didin. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah pengelolaan produk yang kurang optimal, sehingga berdampak pada operasional usaha. Penerapan data Science dapat menjadi solusi untuk meningkatkan bisnis, seperti dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan strategi pemasaran atau penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan prediksi menggunakan algoritma XGBoost terhadap data penjualan produk pada toko SRC pak didin dan menghasilkan sebuah strategi penjualan produk yang dapat diterapkan dalam usahanya. Dataset yang digunakan terdiri dari 24 jenis selama tiga bulan terakhir, terhitung sejak bulan September 2024. Produk tersebut terdiri dari, mie indomie goreng, mie indomie rasa ayam bawang, mie indomie rasa aceh, mie indomie rasa soto, teh kotak, teh botol sosro, larutan cap kaki tiga, kopi gooday, kopi kapal api, pop mie, aqua botol, roti aoka, biskuit roma, biskuit gery, shampoo botol, nabati sip, kacang sukro, tepung terigu, gula, bumbu racik, es krim alice, susu kotak ultramilk, susu kotak indomilk, makanan ringan (snack taro). Algoritma yang digunakan pada penelitian ini berfokus untuk memanfaatkan data penjualan produk selama tiga bulan terakhir untuk melakukan prediksi penjualan pada bulan selanjutnya. Pengukuran evaluasi menggunakan metode Mean Squad Error (MSE) dan R-squared (R2). Eksperimen model XGBoost diibuat menjadi tiga scenario yaitu model XGBoost Regression, XGBoost Regression Linear (satu variabel x), dan XGBoost Regression Linear (dua variabel x) dengan tujuan mencari model terbaik. Hasil akurasi pada model yang digunakan yaitu pada model XGBoost Regression sebesar 96.56 %, model XGBoost Regression Linear (satu variabel x) sebesar 99.22 %, dan model XGBoost Regression Linear (dua variabel x) sebesar 99.59%. Model XGBoost Regression Linear (dua variabel x) dipilih sebagai model terbaik karena memiliki score akurasi paling tinggi yang dapat digunakan untuk melakukan prediksi terhadap produk penjualan dan menghasilkan sebuah strategi penjualan yang bisa dimanfaatkan oleh pihak toko SRC pak didin. Kata Kunci : XGBoost Regression, XGBoost Regression Linear (satu variabel x), XGBoost Regression Linear (dua variabel x), Prediksi, MSE, R2, Strategi Penjualan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 25 Feb 2025 01:23
Last Modified: 25 Feb 2025 01:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15264

Actions (login required)

View Item View Item