IHSANIAH, REGITA ASHABI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BY LEARNING CYCLE (RYLEAC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
04. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
05. ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
07. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
08. DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN.pdf Download (974kB) |
![]() |
Text
09. BAB I.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
10. BAB II.pdf Download (807kB) |
![]() |
Text
11. BAB III.pdf Download (835kB) |
![]() |
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
![]() |
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
![]() |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi gelombang bunyi dan kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran fisika di kelas. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh dari nilai setiap indikator kemampuan pemecahan masalah dengan rata�rata 39,91%. Solusi yang diterapkan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan penerapan model Inquiry by Learning Cycle (RYLEAC) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model RYLEAC terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 4 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan melibatkan dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengukuran kemampuan pemecahan masalah siswa dilakukan dengan memberikan tes berupa essai sebanyak 6 butir soal dengan masing-masing soal terdiri dari indikator kemampuan pemecahan masalah. Hasil analisis data keterlaksanaan model pembelajaran secara keseluruhan berada pada kategori tinggi. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi diperoleh yaitu sehingga ditolak dan diterima. Artinya, pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa model Inquiry by Learning Cycle (RYLEAC) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi gelombang bunyi di kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Kata kunci: model RYLEAC, kemampuan pemecahan masalah, gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 08:41 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 08:41 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |