STUDENTS’ PERCEPTIONS ABOUT THE IMPACT OF SEATING ARRANGEMENT ON THE STUDENTS’ LEARNING ENGAGEMENT

NURSYIFA, EVA (2019) STUDENTS’ PERCEPTIONS ABOUT THE IMPACT OF SEATING ARRANGEMENT ON THE STUDENTS’ LEARNING ENGAGEMENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI EVA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

EVA NURSYIFA 2019. Students’ Percepetion about the Impact of Seating Arrangement on the Students’ Learning Engagement. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaturan tempat duduk didalam kelas dan apa dampaknya terhadap partisipasi belajar siswa yang terjadi di lingkungan belajar. Partisipan dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas 1 SMP Almujahid Tasikmalaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan wawancara semi-terstruktur untuk mendapatkan data tentang dampak pengaturan tempat duduk yang ditetapkan oleh guru terhadap partisipasi belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa siswa terlibat dalam pembelajaran melelui 1) keterlibatan siswa dalam belajar melalui tempat duduk berkelompok dan 2) keterlibatan siswa dalam belajar melelui temat duduk tradisional. Oleh karena itu pengaturan tempat duduk dapat menentukan kualitas partisipasi belajar siswa. Pengaturan tempat duduk cluster dapat mendorong siswa untuk memiliki partisipasi belajar aktif karena memberikan siswa kesempatan yang sama untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Pengaturan tempat duduk tradisional juga dapat merangsang siswa untuk memiliki partisipasi belajar aktif, tetapi hanya untuk siswa yang duduk di barisan depan. Oleh karena itu, guru bahasa Inggris dituntut untuk mengatur posisi duduk siswa agar mereka semua memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki partisipasi belajar yang baik. Dari hasil penelitian ini, penelitian ini terlalu umum dalam menyelidiki partisipasi belajar siswa, sehingga peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang dampak pengaturan tempat duduk yang ditetapkan oleh guru bahasa Inggris. Kemudian, peserta penelitian ini sedikit, sehingga penelitian yang akan datang dapat mengundang lebih banyak peserta untuk memiliki data yang lebih kaya terkait dengan dampak pengaturan tempat duduk pada partisipasi pembelajaran. Kata kunci: Pengaturan Tempat Duduk, Partisipasi Belajar, Tempat Duduk Tradisional, Tempat duduk Cluster

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Apr 2020 02:55
Last Modified: 13 Apr 2020 02:55
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item View Item