DAMANIK, ARNOLD SETIA (2024) PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Survei kepada Mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi Angkatan 2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
12. BAB II TINJAUAN TEORITIS.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
13. BAB III PROSESUDR PENELITIAN.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
![]() |
Text
15. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Guru merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia dan perlu berbagai kompetensi agar pekerjaan guru bisa dilakukan secara maksimal. Pilihan akan profesi guru dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh persepsi mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi angkatan 2020 tentang profesi guru, pengalaman PLP, dan tingkat kepercayaan diri mereka (efikasi diri) terhadap minat menjadi guru baik secara parsial maupun simultan. Melalui pendekatan kuantitatif, populasi dari penelitian ini yaitu berjumlah 1076 mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi angkatan 2020. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu menggunakan simple random sampling sebanyak 291 mahasiswa, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil uji parsial menyatakan bahwa nilai signifikan 0,160 artinya tidak terdapat pengaruh antara persepsi profesi guru dengan minat menjadi guru, 2) nilai signifikasi pengenalan lapangan persekolahan adalah 0,001 yang artinya terdapat pengaruh pengenalan lapangan persekolahan terhadap minat menjadi guru, 3) nilai signifikasi efikasi diri adalah 0,000 artinya terdapat pengaruh antara efikasi diri dan minat menjadi guru, 4) Secara simultan nilai signifikasi yang diperoleh adalah 0,000 artinya terdapat pengaruh antara persepsi profesi guru, pengenalan lapangan persekolahan dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru. Kata Kunci: Persepsi profesi guru, pengenalan lapangan persekolahan, efikasi diri, minat menjadi guru
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:58 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |