PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Survei kepada Mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi Angkatan 2020)

DAMANIK, ARNOLD SETIA (2024) PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU, PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU (Survei kepada Mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi Angkatan 2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (398kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (351kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (127kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (131kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (48kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (40kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (46kB)
[img] Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
12. BAB II TINJAUAN TEORITIS.pdf

Download (170kB)
[img] Text
13. BAB III PROSESUDR PENELITIAN.pdf

Download (447kB)
[img] Text
14. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
15. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Guru merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia dan perlu berbagai kompetensi agar pekerjaan guru bisa dilakukan secara maksimal. Pilihan akan profesi guru dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh persepsi mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi angkatan 2020 tentang profesi guru, pengalaman PLP, dan tingkat kepercayaan diri mereka (efikasi diri) terhadap minat menjadi guru baik secara parsial maupun simultan. Melalui pendekatan kuantitatif, populasi dari penelitian ini yaitu berjumlah 1076 mahasiswa FKIP Universitas Siliwangi angkatan 2020. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu menggunakan simple random sampling sebanyak 291 mahasiswa, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil uji parsial menyatakan bahwa nilai signifikan 0,160 artinya tidak terdapat pengaruh antara persepsi profesi guru dengan minat menjadi guru, 2) nilai signifikasi pengenalan lapangan persekolahan adalah 0,001 yang artinya terdapat pengaruh pengenalan lapangan persekolahan terhadap minat menjadi guru, 3) nilai signifikasi efikasi diri adalah 0,000 artinya terdapat pengaruh antara efikasi diri dan minat menjadi guru, 4) Secara simultan nilai signifikasi yang diperoleh adalah 0,000 artinya terdapat pengaruh antara persepsi profesi guru, pengenalan lapangan persekolahan dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru. Kata Kunci: Persepsi profesi guru, pengenalan lapangan persekolahan, efikasi diri, minat menjadi guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:58
Last Modified: 20 Jan 2025 07:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14932

Actions (login required)

View Item View Item