Kinanti, Chelsea Putri (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Nurul Falah Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1 COVER.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
8 DAFTAR TABEL.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
9 DAFTAR GRAFIK.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
11 BAB I.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
12 BAB II.pdf Download (427kB) |
![]() |
Text
13 BAB III.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
14 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (953kB) |
![]() |
Text
15 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
![]() |
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
![]() |
Text
18 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Menelaah struktur dan kebahasaaan serta menyajikan teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Namun, masih banyak peserta didik belum mencapai KKM yang ditetapkan, yakni 75. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan tes dengan proses pembelajaran secara langsung oleh penulis pada peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan penulis mengacu pada pengolahan data penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus kesatu ke siklus kedua, baik dalam proses maupun dalam hasil pembelajaran. Hasil uji normalitas data nilai menelaah struktur dan kebahasaan teks berita serta menyajikan teks berita siklus I dan siklus II data berdistribusi tidak normal, sehingga penulis melakukan Uji Wilcoxon. Uji W menunjukkan hasil belajar pada siklus kedua sebagai tindak lanjut dari siklus kesatu kemampuan hasil belajar peserta didik ada perubahan dan peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 06:48 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 06:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |