Umi, Mukaromah (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE (TPS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
skripsi revisi. 2019. 01. COVER FIX.pdf Download (36kB) |
|
Text
skripsi revisi. 2019. 04. ABSTRAK FIX.pdf Download (87kB) |
|
Text
skripsi revisi. 2019. BAB I PENDAHULUAN FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
skripsi revisi. 2019. BAB II LANDASAN TEORETIS FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
|
Text
skripsi revisi. 2019. BAB III PROSEDUR PENELITIAN FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
|
Text
skripsi revisi. 2019. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
skripsi revisi. 2019. BAB V SIMPULAN DAN SARAN FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
skripsi revisi. 2019. 07. DAPUS FIX.pdf Download (311kB) |
Abstract
Umi Mukaromah. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pairs Share (TPS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs/Sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pairs Share (TPS) meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Pada siklus I pertemuan pertama KD 3.5 terdapat 11 peserta didik (37,92%) yang belum mencapai KKM, dan 18 peserta didik (62,08%) yang sudah mencapai KKM, sedangkan pada pertemuan kedua KD 4.5 terdapat 22 peserta didik (75,86%) yang belum mencapai KKM, dan 7 peserta didik (24,14%) yang sudah mencapai KKM. Pada siklus II pertemuan pertama dan kedua KD 3.5 dan KD 4.5 seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM yag telah ditetapkan adalah 75. Dengan demikian terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Artinya, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Model pembelajaran Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 03:00 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 03:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1483 |
Actions (login required)
View Item |