HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP DENGAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP KELAINAN SISTEM RESPIRASI MANUSIA (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung Tahun Ajaran 2018/2019)

NISSA, APRILIANI (2019) HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP DENGAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP KELAINAN SISTEM RESPIRASI MANUSIA (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
7. BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)

Abstract

NISSA APRILIANI. 2019. Hubungan Penguasaan Konsep dengan Kemampuan Berargumentasi Peserta Didik pada Sub Konsep Kelainan Sistem Respirasi Manusia (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung Tahun Ajaran 2018/2019)” Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan konsep dengan kemampuan berargumentasi peserta didik di kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan September 2018 sampai bulan Agustus 2019 di kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMA Islam Cipasung dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini adalah metode penelitian korelasional dengan teknik pengumpulan data berupa tes. Tes ini digunakan untuk mengukur penguasaan konsep dan kemampuan berargumentasi peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep berupa soal pilihan majemuk sebanyak 22 soal. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berargumentasi berupa soal essay sebanyak 15 soal. Sebelum skor dari dua variabel tersebut dikorelasikan, terdapat uji prasyarat yang harus dilakukan yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Setelah kedua uji prasyarat telah terpenuhi, maka uji korelasi Pearson r dapat dihitung. Berdasarkan uji korelasi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara penguasaan konsep dengan kemampuan berargumentasi peserta didik dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,419 dan nilai sig 0,007. Berdasarkan nilai koefisien korelasi (r) yang diperoleh, dapat diketahui bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut berada pada kategori sedang. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk penelitian berikutnya dalam menentukan langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan. Kata kunci : Korelasi, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berargumentasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Apr 2020 02:58
Last Modified: 09 Apr 2020 02:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item