Rifa, Aprilia (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI DAN STRUKTUR SERTA MENYAJIKAN GAGASAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (23kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
12. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
|
Text
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
16. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (934kB) |
|
Text
17. BAB V SIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Rifa Aprilia. 2019. Peningkatan Kemampuan Menelaah Isi dan Struktur serta Menyajikan Gagasan Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Menelaah isi dan struktur serta menyajikan gagasan teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs/sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun, kenyataannya di SMP Negeri 11 Kota Tasikmalaya tahun ajaan 2018/2019 belum mampu menelaah isi dan struktur serta menyajikan gagasan teks eksposisi dengan benar. Untuk mencapai KD tersebut, diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian mengenai menelaah dan menyajikan gagasan teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran two stay two stray meningkatkan kemampuan menelaah isi dan struktur serta menyajikan gagasan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan wawancara. Penelitian yang penulis laksanakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan adanya data hasil penelitian yang mendukung keberhasilan ini sebagai berikut. Pada siklus I kemampuan menalaah isi dan struktur teks eksposisi peserta didik yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) sebanyak 10 orang (34%) sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKB sebanyak 19 orang (66%). Namun, pada siklus II kemampuan menalaah isi dan struktur teks eksposisi semua peserta didik sudah mencapai KKB sebanyak 29 orang (100%). Pada siklus I kemampuan menyajikan gagasan teks eksposisi peserta didik yang sudah mencapai KKB sebanyak 9 orang (31%) sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKB sebanyak 20 orang (69%). Namun, pada siklus II kemampuan menyajikan gagasan teks eksposisi semua peserta didik sudah mencapai KKB sebanyak 29 orang (100%). Artinya, model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatakan kemampuan menelaah isi dan struktur serta menyajikan gagasan teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Data tersebut menunjukan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 02:57 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 02:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1476 |
Actions (login required)
View Item |