Nurjamil, Dikdik Ahmad (2024) ANALISIS HUBUNGAN BOBOT KAPAL TERHADAP KONSUMSI ENERGI LISTRIK PADA KAPAL AIR BERTENAGA BATERAI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (43kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (100kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN.pdf Download (97kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (2MB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem pengukur berat berdasarkan jarak menggunakan sensor ultrasonik HCSR-04 dan menggunakan algoritma Kalman Filter untuk mengurangi noise pembacaan sensor serta menganalisa pengaruh berat muatan kapal terhadap konsumsi energi listrik pada kapal air bertenaga baterai. Penelitian ini di latar belakangi banyaknya kasus kapal tenggelam akibat kelebihan muatan menjadi permasalahan utama. Oleh karena itu, perlu adanya teknik yang dapat meminimalisir terjadinya kapal tenggelam dengan cara menggunakan sistem pengukur berat berdasarkan jarak yang lebih efisien. Sistem dirancang dengan menggunakan mikrokontroler arduino nano dan sensor ultrasonik HCSR-04 dengan mengukur berat bobot kapal menggunakan data perubahan jarak elevasi kapal. Sistem ini juga diseting untuk memberikan peringatan dini apabila bobot muatan kapal melebihi kemampuan kapal tersebut. Hasil penelitian menunjukan sistem memiliki akurasi pengukuran bobot kapal 96% sampai dengan 99%, pengukuran berat pada sistem ini juga menggunakan kalman filter untuk meningkatkan akurasi pembacaan sensor jarak sekitar 4% ketika air bergelombang. Efisiensi terhadap konsumsi energi listrik tercapai ketika kapal mengangkut bobot muatan yang maksimal, berbanding terbalik dengan efisiensi waktu yang menunjukan semakin meningkatnya bobot muatan kapal semakin lama waktu tempuh kapal. Diharapkan dengan adanya penelitian ini mampu memberikan kontribusi terhadap industri perkapalan dalam bidang pengukuran berat kapal untuk meminimalisir kapal tenggelam akibat kelebihan muatan. Kata kunci: sistem pengukur berat bedassrkan jarak, konsumsi energi listrik, kalman filter
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 03:03 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 03:03 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14683 |
Actions (login required)
View Item |