ANALISIS HUBUNGAN BOBOT KAPAL TERHADAP KONSUMSI ENERGI LISTRIK PADA KAPAL AIR BERTENAGA BATERAI

Nurjamil, Dikdik Ahmad (2024) ANALISIS HUBUNGAN BOBOT KAPAL TERHADAP KONSUMSI ENERGI LISTRIK PADA KAPAL AIR BERTENAGA BATERAI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (43kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem pengukur berat berdasarkan jarak menggunakan sensor ultrasonik HCSR-04 dan menggunakan algoritma Kalman Filter untuk mengurangi noise pembacaan sensor serta menganalisa pengaruh berat muatan kapal terhadap konsumsi energi listrik pada kapal air bertenaga baterai. Penelitian ini di latar belakangi banyaknya kasus kapal tenggelam akibat kelebihan muatan menjadi permasalahan utama. Oleh karena itu, perlu adanya teknik yang dapat meminimalisir terjadinya kapal tenggelam dengan cara menggunakan sistem pengukur berat berdasarkan jarak yang lebih efisien. Sistem dirancang dengan menggunakan mikrokontroler arduino nano dan sensor ultrasonik HCSR-04 dengan mengukur berat bobot kapal menggunakan data perubahan jarak elevasi kapal. Sistem ini juga diseting untuk memberikan peringatan dini apabila bobot muatan kapal melebihi kemampuan kapal tersebut. Hasil penelitian menunjukan sistem memiliki akurasi pengukuran bobot kapal 96% sampai dengan 99%, pengukuran berat pada sistem ini juga menggunakan kalman filter untuk meningkatkan akurasi pembacaan sensor jarak sekitar 4% ketika air bergelombang. Efisiensi terhadap konsumsi energi listrik tercapai ketika kapal mengangkut bobot muatan yang maksimal, berbanding terbalik dengan efisiensi waktu yang menunjukan semakin meningkatnya bobot muatan kapal semakin lama waktu tempuh kapal. Diharapkan dengan adanya penelitian ini mampu memberikan kontribusi terhadap industri perkapalan dalam bidang pengukuran berat kapal untuk meminimalisir kapal tenggelam akibat kelebihan muatan. Kata kunci: sistem pengukur berat bedassrkan jarak, konsumsi energi listrik, kalman filter

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Dec 2024 03:03
Last Modified: 09 Dec 2024 03:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14683

Actions (login required)

View Item View Item