PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA MATERI LAHIRNYA KOLONIALISME DAN IMPERIALISME DI INDONESIA KELAS XI MA PERSIS 160 LELES, KABUPATEN GARUT

RAHMAT, FIRMAN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA MATERI LAHIRNYA KOLONIALISME DAN IMPERIALISME DI INDONESIA KELAS XI MA PERSIS 160 LELES, KABUPATEN GARUT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan software contruct 2 pada materi lahirnya kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode Research & Development (R&D) dengan model Assessment/Analysis, Design, Development, Implementation Evaluation (ADDIE). Pada tahap Analisis, peneliti melakukan 2 tahapan yaitu need assement atau analisis awal dan Front end analysis berupa audience analysis,technology analysis,task Analysis, media analysis, pada tahap design peneliti melakukan desain dalam bentuk storyboard, pada tahap development & Impementation peneliti mengembangkan media pembelajaran yang sebelumnya dirancang dalam tahap design. Tahap selanjutnya ialah Implementation yaitu memvalidasi media dan materi kepada ahli. Terakhir adalah tahap Evaluation, melakukan uji coba lapangan di kelas XI MA Persis 160 leles. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan Kuesioner. Data penelitian ini bersumber dari dua orang ahli materi, satu orang ahli media dan peserta didik kelas XI MA Persis 160 Leles Penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis android bernama Aplikasi GERAH (Game Edukasi Sejarah). Produk ini dinilai dari kelayakan penggunaan media yang diukur berdasarkan kualitas isi dan tujuan, kualitas teknis dan respon peserta didik. Pada penilaian kualitas isi dan tujuan ahli materi menyatakan media pembelajaran berada pada kategori sangat layak dengan hasil akhir 97%. Pada penilaian kualitas teknis oleh ahli media menyatakan media pembelajaran berada pada kategori sangat layak dengan hasil akhir 84%. Pada penilaian hasil respon peserta didik pada uji coba lapangan, berada pada kategori sangat praktis dengan hasil akhir 88%. Kesimpulanya adalah media pembelajaran ini dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah. Kata Kunci : Android, Software Contruct 2, Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Nov 2024 06:14
Last Modified: 05 Nov 2024 06:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14610

Actions (login required)

View Item View Item