ANALISIS BIAYA TRANSPORTASI DENGAN KONSEP PENGALIHAN KENDARAAN PRIBADI KE KENDARAAN UMUM (STUDI KASUS : BUS AC EKONOMI PRIMAJASA RUTE TASIKMALAYA-BEKASI DAN TASIKMALAYA-JAKARTA

Dinda, Reza Prasetia (2024) ANALISIS BIAYA TRANSPORTASI DENGAN KONSEP PENGALIHAN KENDARAAN PRIBADI KE KENDARAAN UMUM (STUDI KASUS : BUS AC EKONOMI PRIMAJASA RUTE TASIKMALAYA-BEKASI DAN TASIKMALAYA-JAKARTA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (11MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (11MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (11MB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (11MB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (11MB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (11MB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (11MB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (11MB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (11MB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kebutuhan akan transportasi merupakan kebutuhan turunan yang muncul akibat permintaan atas komoditas lain. Permintaan untuk bekerja, bersekolah, berbelanja, perjalanan ke luar daerah atau aktivitas-aktivitas lainnya menghasilkan mobilitas yang disebut transportasi. Transportasi terbentuk dari komponen sarana, prasana dan manusia, seluruh yang ada dalam komponen tersebut harus tertata dengan baik untuk menciptakan sistem transportasi yang baik. Tingkat kebutuhan terhadap suatu sistem transportasi untuk setiap daerah di Indonesia berbeda, hal tersebut sangat dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan dan perkembangan wilayah serta karakteristik kondisi fisik, demografis, sosial, ekonomi dan kultural yang berbeda pada tiap wilayah di Indonesia. Menggunakan metode analisis biaya operasional kendaraan menurut Departemen Pekerjaan Umum 2005. Dengan cara pengalihan kendaraan pribadi ke moda transportasi massal yaitu Bus AC Ekonomi Primajasa dapat dilihat dari hasil survey yang telah dilakukan daya tarik untuk moda transportasi yang dipilih kendaraan umum Bus Ac Ekonomi Primajasa sebanyak 88 responden dan kendaraan pribadi sebanyak 47 responden, bisa disimpulkan bahwa dari 135 responden terdapat 56% yang memilih kendaraan umum terutama bus ac ekonomi primajasa. Maka setelah dilakukan survey, untuk mengatasi kecenderungan masyarakat Kota Tasikmalaya, yang lebih memilih kendaraan pribadi, perlu dilakukan perbaikan mutu pelayanan kendaraan umum terutama dalam hal segi kenyamanan, aman, murah, tepat waktu yang dinilai responden paling mempengaruhi dalam memilih moda transportasi. Kata Kunci : Biaya Operasional Kendaraan, Departemen Pekerjaan Umum 2005.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Oct 2024 00:36
Last Modified: 30 Oct 2024 00:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14586

Actions (login required)

View Item View Item