PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING-HEURISTIC TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

AKHIRALIMI, NUR (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING-HEURISTIC TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover Skripsi-Nur Akhiralimi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan-Nur Akhiralimi.pdf

Download (182kB)
[img] Text
2. Lembar Penguji-Nur Akhiralimi.pdf

Download (175kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan Keaslian-Nur Akhiralimi.pdf

Download (130kB)
[img] Text
4. Abstrak-Nur Akhiralimi.pdf

Download (89kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar sampai Daftar Lampiran-Nur Akhiralimi.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Bab 1-Nur Akhiralimi.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Bab 2-Nur Akhiralimi.pdf

Download (429kB)
[img] Text
Bab 3-Nur Akhiralimi.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Bab 4-Nur Akhiralimi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
Bab 5-Nur Akhiralimi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-Nur Akhiralimi.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Lampiran-Nur Akhiralimi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di SMA Negeri 4 Tasikmalaya diketahui bahwa guru memberikan latihan soal hanya pada level kognitif C1, C2, dan C3 saja sehingga peserta didik kesulitan untuk memecahkan soal-soal yang membutuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Upaya peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran fisika materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan quasi experimental. Jenis desain penelitian yang digunakan yaitu posttest only control design. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Tasikmalaya dengan populasi penelitian yakni seluruh kelas XI MIPA sebanyak 5 kelas dengan total 176 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan ialah teknik cluster random sampling dengan hasil sampling yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik dilakukan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk essay yang dibuat berdasarkan indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meliputi C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta) dengan jumlah soal sebanyak 10 butir pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 18 Oct 2024 03:27
Last Modified: 18 Oct 2024 03:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14536

Actions (login required)

View Item View Item