EXPLORING ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS’ CHALLENGES IN ENGLISH TEACHING UNDER KURIKULUM MERDEKA

HASAN, EVI KHOFIFAH (2024) EXPLORING ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS’ CHALLENGES IN ENGLISH TEACHING UNDER KURIKULUM MERDEKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (231kB)
[img] Text
02 Approval Sheet.pdf

Download (147kB)
[img] Text
03 Approval Sheet The Examiners.pdf

Download (119kB)
[img] Text
04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (141kB)
[img] Text
05 Abstrak.pdf

Download (179kB)
[img] Text
06 Abstract.pdf

Download (180kB)
[img] Text
07 Preface.pdf

Download (179kB)
[img] Text
08 Acknowlegment.pdf

Download (118kB)
[img] Text
09 Table of Contents.pdf

Download (271kB)
[img] Text
10 List of Tables.pdf

Download (179kB)
[img] Text
11 List of Enclosures.pdf

Download (179kB)
[img] Text
12 Chapter 1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
13 Chapter 2.pdf

Download (516kB)
[img] Text
14 Chapter 3.pdf

Download (231kB)
[img] Text
15 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
16 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
17 References.pdf

Download (201kB)
[img] Text
18 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka mulai diperkenalkan pada awal tahun 2022 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia, Nadiem Anwar Makarim. Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar memiliki tantangan tersendiri bagi para guru. Tidak tersedianya guru Bahasa Inggris di sekolah dasar membuat guru kelas harus mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sekolah dasar menghadapi tantangan dalam mengajar Bahasa Inggris di bawah Kurikulum Merdeka. Tantangan tersebut berupa kurangnya pengembangan profesional guru, kompetensi pedagogis guru, karakteristik pembelajar muda atau karakter siswa, dan kurangnya sumber daya pendidikan. Penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah dasar di daerah Ciamis dengan melibatkan dua orang guru kelas yang mengajar Bahasa Inggris. Data penelitian diperoleh dari proses wawancara yang kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, mengajar Bahasa Inggris untuk pembelajar muda, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:35
Last Modified: 30 Sep 2024 02:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14446

Actions (login required)

View Item View Item