Anavika, Restiana (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI 22 Serpong Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (46kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (89kB) |
|
Text
7. BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
8. BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text
9. BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
10. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
Abstract
Anavika Restiana. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Menganalisis Struktur dan Kebahasaan serta Mengembangkan Teks Prosedur (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI 22 Serpong Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kompetensi Dasar (KD) yang harus dicapai oleh peserta didik kelas XI SMA PGRI 22 Serpong Tangerang Selatan, yaitu menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengembangkan teks prosedur. Materi tersebut mengharuskan peserta didik untuk mengingat setiap bagian dari teks yang dibaca. Namun banyak peserta didik yang merasa kesulitan menghafal dan menalar, sehingga memengaruhi hasil pembelajaran peserta didik. Dalam mengatasi permasalahan ini, penulis melaksanakan eksperimen yakni pada kelas XI IPS 1 SMA PGRI 22 Serpong Tangerang Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperative Script dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengembangkan teks prosedur pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA PGRI 22 Serpong Tangerang Selatan. Penulis menerapkan teknik observasi, wawancara, serta tes. Penelitian dilaksanakan menggunakan rancangan dua kelompok sampel yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Instruksi Langsung. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 31 Juli 2019 sampai 15 Agustus 2019 dengan melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 semester ganjil SMA PGRI 22 Serpong Tangerang Selatan. Data hasil nilai yang didapat oleh peserta didik kemudian diolah menggunakan perhitungan statistik Uji Wilcoxon. Berdasarkan penafsiran menggunakan Uji W pun diperoleh hasil W hitung (0) < W tabel (0,01) (126,25) untuk kedua sampel tersebut, artinya model pembelajaran Cooperative Script efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengembangkan teks prosedur. Berdasarkan hasil Uji W tersebut penulis memperoleh gambaran bahwa model pembelajaran Cooperative Script efektif dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan serta mengembangkan teks prosedur. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan pada nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik. Pada tahap pretest pengetahuan, nilai rata-rata mencapai 60,1, sedangkan pada tahap postest nilai rata-rata mencapai 84,9. Kemudian pada tahap pretest keterampilan nilai rata-rata mencapai 58,5, sedangkan pada tahap postest nilai rata-rata mencapai 88,8. Sehingga tujuan penelitian ini telah tercapai dan hipotesis tindakan pun diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | mahasiswa universitas siliwangi |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 04:50 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 04:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1444 |
Actions (login required)
View Item |