NURYANTI, TIARA SITI (2024) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGATIVE SCIENCE LEARNING ENVIRONMENT (ISLE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI ELASTISITAS BAHAN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (189kB) |
|
Text
3. pernyataan.pdf Download (149kB) |
|
Text
4. abstrak.pdf Download (86kB) |
|
Text
5. kata pengantar.pdf Download (72kB) |
|
Text
6. ucapan terima kasih.pdf Download (75kB) |
|
Text
7. daftar isi.pdf Download (82kB) |
|
Text
8. bab i.pdf Download (170kB) |
|
Text
9. bab ii.pdf Download (348kB) |
|
Text
10. bab iii.pdf Download (310kB) |
|
Text
11. bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
|
Text
12. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
Text
13. daftar pustaka.pdf Download (142kB) |
|
Text
14. lampiran.pdf Download (4MB) |
|
Text
15. riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum memenuhi harapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan dan penggunaan pendekatan ajar yang kurang bervariatif. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran ISLE (Investigative Science Learning Environtment). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan ISLE (Investigative Science Learning Environtment) terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan Posttest-Only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 188 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas dengan masing masing kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 38 orang. Untuk mengukur hasil belajar siswa terhadap materi elastisitas dilakukan tes (posttest) setelah siswa mendapatkan perlakuan. Tes tersebut berbentuk uraian dengan jumlah 5 soal dengan materi elastisitas bahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:57 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14432 |
Actions (login required)
View Item |