ANALISIS SALURAN PEMASARAN JAGUNG PIPIL DI KELURAHAN TAMANJAYA KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA

RUSWANDI, IMEL INSANI FITROTUL (2024) ANALISIS SALURAN PEMASARAN JAGUNG PIPIL DI KELURAHAN TAMANJAYA KECAMATAN TAMANSARI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. bebas plagiat.pdf

Download (242kB)
[img] Text
3. lembar pengesahan.pdf

Download (293kB)
[img] Text
4. abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. prakata.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. daftar riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tamanjaya menjadi sentra program Pengembangan Kawasan Jagung oleh (DKPPP) Kota Tasikmalaya, namun harga jual yang diterima petani masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran jagung pipil, serta fungsi pemasaran yang dilakukan oleh setiap lembaga pemasaran. Selain itu, penelitian ini menganalisis biaya, keuntungan, dan margin pemasaran yang terjadi pada setiap saluran pemasaran, serta mengukur farmer’s share pada masing-masing saluran. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan 30 sampel petani jagung. Saluran pemasaran ditentukan dengan pendekatan langsung menggunakan metode snowball sampling. Terdapat tiga saluran pemasaran jagung pipil di Kelurahan Tamanjaya : Saluran I: Petani - Pedagang Pengumpul I - Pabrik Pakan, Saluran II: Petani - Pedagang Pengepul II - Pedagang Besar - Konsumen, Saluran III: Petani - Pedagang Pengepul II - Peternak Ayam. Fungsi pemasaran yang dilaksanakan mencakup fungsi pertukaran seperti pembelian dan penjualan, yang dilakukan oleh semua lembaga pemasaran di setiap saluran. Fungsi fisik seperti penyimpanan dan pengangkutan juga dilakukan oleh seluruh lembaga pemasaran, serta fungsi penyediaan sarana termasuk informasi pasar dan pembiayaan. Biaya pemasaran pada Saluran I sebesar Rp.372, pada Saluran II Rp.717 dan pada Saluran III Rp321. Keuntungan pemasaran pada Saluran I sebesar Rp,627 Saluran II Rp1.603, dan Saluran III Rp.1.179. Margin pemasaran pada Saluran I sebesar Rp1.000, Saluran II Rp3.500, dan Saluran III Rp1.500. Farmer’s share pada Saluran I sebesar 75%, Saluran II 50%, dan Saluran III 70%, dengan Saluran I sebagai saluran paling efisien. Kata kunci : Saluran pemasaran, jagung pipil, farmer’s share.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:28
Last Modified: 27 Sep 2024 06:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14431

Actions (login required)

View Item View Item