HUBUNGAN KUALITAS FUNGSIONAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLI BP GIGI UPTD PUSKESMAS RAWAT INAP JATINANGOR

LESTARI, RAGITA PUJI (2024) HUBUNGAN KUALITAS FUNGSIONAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLI BP GIGI UPTD PUSKESMAS RAWAT INAP JATINANGOR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan.pdf

Download (232kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. Lembar Persembahan.pdf

Download (279kB)
[img] Text
5. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (191kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (187kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (180kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (182kB)
[img] Text
10. Lembar Pernyataan.pdf

Download (241kB)
[img] Text
11. Kata Pengantar.pdf

Download (294kB)
[img] Text
12. Abstrak.pdf

Download (454kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (770kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
18. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (424kB)
[img] Text
20. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan mempengaruhi kepuasan pasien, semakin baik kualitas yang diberikan maka tingkat kepuasan pasien akan semakin tinggi, begitupun sebaliknya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan kualitas fungsional aspek responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability dengan kepuasan pasien aspek responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability di Poly BP Gigi UPTD Puskesmas Jatinangor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien di Poli BP Gigi yang menerima pelayanan dengan jumlah sampel 126 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data diperoleh dengan pengisian kuesioner melalui wawancara lansung kepada pasien yang sudah menerima pelayanan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data univariat dan bivariat dengan uji koefisien korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kualitas fungsional dengan kepuasan pasien dalam aspek responsiveness (daya tanggap) (p value 0,022), aspek assurance (jaminan) (p value 0,000), aspek tangible (bukti fisik) (p value 0,000), aspek empathy (perhatian) (p value 0,000), dan aspek reliability (kehandalan) (p value 0,000). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kualitas fungsional aspek responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability dengan kepuasan pasien aspek responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability di Poly BP Gigi UPTD Puskesmas Jatinangor. Disarankan bagi Puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan fungsional khususnya Poli BP Gigi demi meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan. Kata Kunci: Kualitas Fungsional, Kepuasan Pasien, Puskesmas, Poli Gigi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:12
Last Modified: 20 Sep 2024 07:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14404

Actions (login required)

View Item View Item