LESTARI, RAGITA PUJI (2024) HUBUNGAN KUALITAS FUNGSIONAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLI BP GIGI UPTD PUSKESMAS RAWAT INAP JATINANGOR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (37kB) |
|
Text
2. Lembar Persetujuan.pdf Download (232kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (279kB) |
|
Text
4. Lembar Persembahan.pdf Download (279kB) |
|
Text
5. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (191kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (187kB) |
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (180kB) |
|
Text
9. Daftar Lampiran.pdf Download (182kB) |
|
Text
10. Lembar Pernyataan.pdf Download (241kB) |
|
Text
11. Kata Pengantar.pdf Download (294kB) |
|
Text
12. Abstrak.pdf Download (454kB) |
|
Text
13. BAB I.pdf Download (188kB) |
|
Text
14. BAB II.pdf Download (280kB) |
|
Text
15. BAB III.pdf Download (770kB) |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
|
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
|
Text
18. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
Text
19. Daftar Pustaka.pdf Download (424kB) |
|
Text
20. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan mempengaruhi kepuasan pasien, semakin baik kualitas yang diberikan maka tingkat kepuasan pasien akan semakin tinggi, begitupun sebaliknya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan kualitas fungsional aspek responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability dengan kepuasan pasien aspek responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability di Poly BP Gigi UPTD Puskesmas Jatinangor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien di Poli BP Gigi yang menerima pelayanan dengan jumlah sampel 126 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data diperoleh dengan pengisian kuesioner melalui wawancara lansung kepada pasien yang sudah menerima pelayanan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data univariat dan bivariat dengan uji koefisien korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kualitas fungsional dengan kepuasan pasien dalam aspek responsiveness (daya tanggap) (p value 0,022), aspek assurance (jaminan) (p value 0,000), aspek tangible (bukti fisik) (p value 0,000), aspek empathy (perhatian) (p value 0,000), dan aspek reliability (kehandalan) (p value 0,000). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kualitas fungsional aspek responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability dengan kepuasan pasien aspek responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability di Poly BP Gigi UPTD Puskesmas Jatinangor. Disarankan bagi Puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan fungsional khususnya Poli BP Gigi demi meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan. Kata Kunci: Kualitas Fungsional, Kepuasan Pasien, Puskesmas, Poli Gigi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 07:12 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 07:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14404 |
Actions (login required)
View Item |