Nurhaliza, Sri Ayu (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI, SISTEMATIKA, SERTA UNSUR-UNSUR SURAT LAMARAN PEKERJAAN DALAM BENTUK VISUAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XII SMK Ar-Ridwan Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (57kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (96kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) |
|
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (27kB) |
|
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (24kB) |
|
Text
09 DAFTAR GRAFIK.pdf Download (88kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (26kB) |
|
Text
11 BAB 1.pdf Download (147kB) |
|
Text
12 BAB 2.pdf Download (222kB) |
|
Text
13 BAB 3.pdf Download (150kB) |
|
Text
14 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
|
Text
15 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
16 DAPUS.pdf Download (30kB) |
|
Text
17 RH.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mengidentifikasi dan menyimpulkan isi, sistematika dan usnur-unsur surat lamaran pekerjaan merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas XII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun, pada kenyataanya, peserta didik kelas XII SMK Ar-Ridwan Tahun Ajaran 2021/2022 banyak yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas berupa pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan kemampuan peserta didik kelas XII SMK Ar-Ridwan Tahun Ajaran 2021/2022 dalam mengidentifikasi dan menyajikan simpulan isi, sistematika dan unsur-unsur surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan metode penelitian tekstual dan dilakukan dalam dua siklus. Hasil pengolahan data penelitian menunjukan adanya peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik dari siklus kesatu ke siklus kedua. Siklus kesatu, pada aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 10 oramg (37%) dan yang mencapai KKM 17 orang (63%). Pada aspek keterampilan, peserta didik yang belum mencapai KKM pun yaitu 9 orang (33%) dan yang mencapai KKM 18 orang (67%). Pada siklus kedua, baik dalam pengetahuan maupun keterampilan, 27 orang peserta didik (100%) berhasil mencapai KKM. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan Whitung < Wtabel dalam taraf siginifikasi 0,01 (83<107). Artinya, hipotesis tindakan penelitian diterima. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi, sistematika dan unsur-unsur surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual pada peserta didik kelas XII SMK Ar-Ridwan tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 04:03 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 04:03 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14382 |
Actions (login required)
View Item |