PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cigalontang tahun ajaran 2023/2024)

LESTARI, ANDINI FUJI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) BERBANTUAN PhET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cigalontang tahun ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
4. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG.pdf

Download (140kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (155kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (461kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (492kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
15. RIWAYAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Double Loop Problem Solving berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi termodinamika. Rendahnya keterampilan pemecahan masalah dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan saat studi pendahuluan. Masing-masing nilai per indikator masih sangat rendah, sehingga rata-rata nilai yang diperoleh yaitu 22,4%. Hal tersebut diakibatkan karena model pembelajaran dari guru fisika itu sendiri masih menggunakan model Teacher Center, yang mengakibatkan siswa jarang aktif. Selain itu faktor lainnya juga diakibatkan karena kurangnya praktikum. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan gaya belajar model Double Loop Problem Solving (DLPS). Metode penelitian ini menggunakan Quasi experiment. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Keterampilan berpikir kritis peserta didik diukur menggunakan tes berupa soal esai dengan tiap soal terdiri dari salah satu indikator keteampilan pemecahan masalah. Hasil uji hipotesis menggunakan uji

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:16
Last Modified: 04 Sep 2024 08:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14067

Actions (login required)

View Item View Item