PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF DALAM BENTUK TEKS CERITA FANTASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas VII SMP IT Daarul Falaah Tahun Ajaran 2020/2021)

Gunawan, Aprila AvrianI (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF DALAM BENTUK TEKS CERITA FANTASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas VII SMP IT Daarul Falaah Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kurikulum 2013 edisi revisi memuat beberapa Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, salah satu Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP/MTs yaitu KD 3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar, serta 4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII-B SMP IT Daarul Falaah Tahun Ajaran 2020/2021.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kesatu, pada aspek pengetahuan KD 3.4 didapati sebanyak 10 peserta didik (50%) belum mencapai KKM dan 10 peserta didik (50%) telah mencapai KKM. Pada aspek keterampilan KD 4.4 sebanyak 9 peserta didik (45%) belum mencapai KKM dan 11 (55%) peserta didik telah mencapai KKM. Pada siklus kedua, kemampuan peserta didik pada aspek pengetahuan dan keterampilan mengalami peningkatan , seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM yaitu 76. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat mengingkatkan kemampuan menelaaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII B SMP IT Daarul Falaah tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:13
Last Modified: 04 Sep 2024 08:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14060

Actions (login required)

View Item View Item