Gunawan, Aprila AvrianI (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF DALAM BENTUK TEKS CERITA FANTASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas VII SMP IT Daarul Falaah Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (73kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (70kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 edisi revisi memuat beberapa Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, salah satu Kompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP/MTs yaitu KD 3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar, serta 4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII-B SMP IT Daarul Falaah Tahun Ajaran 2020/2021.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kesatu, pada aspek pengetahuan KD 3.4 didapati sebanyak 10 peserta didik (50%) belum mencapai KKM dan 10 peserta didik (50%) telah mencapai KKM. Pada aspek keterampilan KD 4.4 sebanyak 9 peserta didik (45%) belum mencapai KKM dan 11 (55%) peserta didik telah mencapai KKM. Pada siklus kedua, kemampuan peserta didik pada aspek pengetahuan dan keterampilan mengalami peningkatan , seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM yaitu 76. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat mengingkatkan kemampuan menelaaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII B SMP IT Daarul Falaah tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:13 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14060 |
Actions (login required)
View Item |