PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI (Studi pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lakbok)

LESTARI, ANNISA DWI CAHYA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN TINGKAT KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI (Studi pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lakbok). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (267kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (79kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (64kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (224kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (346kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (410kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (735kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)

Abstract

Indonesia berada pada daerah ring of fire dimana memiliki resiko terjadinya bencana seperti gempa bumi. Mata pelajaran geografi SMA kelas XI mempelajari cara penanggulangan atau mitigasi bencana. Namun sering kali penggunaan model pembelajaran yang diterapkan masih kurang sesuai sehingga tidak meningkatkan kemampuan kognitif serta kesiapsiagaan siswa. Model pembelajaran simulasi merupakan model pembelajaran yang dilakukan dengan merekayasa keadaan yang ada dikehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran simulasi dalam meningkatkan kemampuan kognitif serta tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada siswa SMA Negeri 1 Lakbok. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian studi evaluasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lakbok dengan sampel pada kelas XI IPS 3. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa langkah-langkah dalam penerapan model pembelajaran simulasi terdiri dari orientasi, latihan partisipasi, pelaksanaan simulasi, serta pemantapan dan debriefing. Berdasarkan uji Wilcoxon pada hasil kemampuan kognitif dan kesiapsiagaan bencana gempa bumi didapatkan nilai sig. sebesar 0,000<0,05. Sehingga model pembelajaran simulasi memberikan pengaruh terhadap kemampuan kognitif dan tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Model pembelajaran simulasi memberikan pengaruh sebesar 33% terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi mitigasi bencana. Hal ini diukur melalui pengukuran rata-rata nilai pre-test sebesar 52,86 dan post-test 70,53 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lakbok. Selain itu, pada tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi meningkat 32% dari kategori siap ke kategori sangat siap. Diukur dari total indeks parameter kesiapsiagaan bencana gempa bumi siswa pada pre�test dan post-test siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lakbok. Kata Kunci: Model Pembelajaran Simulasi, Kemampuan Kognitif, Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:19
Last Modified: 04 Sep 2024 02:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14020

Actions (login required)

View Item View Item