PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS X TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2023/2024

SULTHON, MUHAMMAD (2024) PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS X TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (943kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (914kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (975kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (897kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (961kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (899kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (903kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (902kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (899kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (955kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (896kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (988kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (963kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
20. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi peserta didik kelas X terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah dalam kurikulum merdeka di SMAN 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dengan desain penelitian menggunakan desain survei cross sectional. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 10 SMAN 1 Tasikmalaya sebanyak 475 murid dari 12 kelas. Penentuan sampel diambil sebesar 12% atau 61 dari keseluruhan peserta didik kelas X, pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dan seimbang pada setiap kelas yang dilakukan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian yang didapatkan pada 3 indikator menunjukan bahwa persepsi peserta didik kelas X terhadap penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah paling tinggi pada kategori setuju/baik dengan presentase 33% atau 20 peserta didik, persepsi peserta didik terhadap proses pembelajaran sejarah dalam kurikulum merdeka paling tinggi pada kategori setuju/baik dengan presentase 31% atau 19 peserta didik, persepsi peserta didik terhadap asesmen pada pembelajaran sejarah dalam kurikulum merdeka paling tinggi pada kategori setuju/baik dengan presentase 31 % atau 19 peserta didik. Kata Kunci: Persepsi, Peserta Didik, Pembelajaran Sejarah, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:15
Last Modified: 04 Sep 2024 02:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14012

Actions (login required)

View Item View Item