SULTHON, MUHAMMAD (2024) PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS X TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (936kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (943kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (914kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (975kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (897kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (961kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (899kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (903kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (902kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (899kB) |
|
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (955kB) |
|
Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (896kB) |
|
Text
13. BAB I.pdf Download (988kB) |
|
Text
14. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
15. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (963kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
20. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi peserta didik kelas X terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah dalam kurikulum merdeka di SMAN 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dengan desain penelitian menggunakan desain survei cross sectional. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 10 SMAN 1 Tasikmalaya sebanyak 475 murid dari 12 kelas. Penentuan sampel diambil sebesar 12% atau 61 dari keseluruhan peserta didik kelas X, pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dan seimbang pada setiap kelas yang dilakukan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian yang didapatkan pada 3 indikator menunjukan bahwa persepsi peserta didik kelas X terhadap penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah paling tinggi pada kategori setuju/baik dengan presentase 33% atau 20 peserta didik, persepsi peserta didik terhadap proses pembelajaran sejarah dalam kurikulum merdeka paling tinggi pada kategori setuju/baik dengan presentase 31% atau 19 peserta didik, persepsi peserta didik terhadap asesmen pada pembelajaran sejarah dalam kurikulum merdeka paling tinggi pada kategori setuju/baik dengan presentase 31 % atau 19 peserta didik. Kata Kunci: Persepsi, Peserta Didik, Pembelajaran Sejarah, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:15 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14012 |
Actions (login required)
View Item |