PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL (Studi pada program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Gema dan PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya)

Putri, Yuli Yulianti (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL (Studi pada program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Gema dan PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (535kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUHI.pdf

Download (837kB)
[img] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (621kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (517kB)
[img] Text
7. UCAPAN TRIMAKASIH.pdf

Download (422kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (841kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (753kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (698kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (855kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di Program Pendidikan Kesetaraan Paket C pada PKBM Gema dan PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya menghadapi berbagai tantangan yang mempengaruhi kualitas dan hasil belajar warga belajar, diantaranya Warga belajar di Program Pendidikan Kesetaraan Paket C memiliki latar belakang pendidikan, sosial, dan ekonomi yang sangat beragam. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pengalaman belajar yang kurang menyenangkan di masa lalu, tekanan ekonomi, dan tanggung jawab keluarga atau pekerjaan. Permasalahan lainnya ialah model pembelajaran konvensional yang masih banyak digunakan cenderung monoton dan kurang interaktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah true eksperimen sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 warga belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dilakukan dua kali. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay mendapatkan respon positif dari warga belajar dan guru, serta membuat warga belajar lebih bersemangat dalam belajar. Setelah model pembelajaran Course Review Horay diterapkan, hasil belajar warga belajar meningkat karena model ini mendorong warga belajar untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Warga belajar menjadi lebih tertarik belajar melalui diskusi kelompok, peninjauan konten, dan sesi tanya jawab interaktif. Partisipasi aktif ini memungkinkan mereka untuk lebih memahami materi, serta meningkatkan motivasi belajar dan mencapai hasil yang lebih baik. Peningkatan hasil belajar ini terlihat dari peningkatan nilai post-test, di mana rata rata nilai di kelas eksperimen mencapai 93,20, sedangkan di kelas kontrol hanya 82,72, dengan selisih 10,48. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran, Course Review Horay, Konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:52
Last Modified: 03 Sep 2024 08:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14006

Actions (login required)

View Item View Item