Aufa, Elia Amanda (2024) PENGARUH MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA MAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sparkol videoscribe merupakan media pembelajaran yang mampu menghasilkan video dengan mengkombinasikan gambar, audio, desain yang menarik dan teks bergerak sehingga siswa dapat lebih mudah menangkap materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sparkol videoscribe terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA MAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sampel penelitian ini diambil dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kreativitas menggunakan instrument tes essay dan tes hasil belajar menggunakan instrument tes pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA MAN 1 Ciamis. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknis analisis data yang dilakukan menggunakan uji One Way Anova. Hasil dari analisis data statistik kreativitas diperoleh nilai sig. sebesar 0.000 dan hasil belajar diperoleh nilai sig. 0.001 yang berarti signifikansi <0,05 dengan hasil rata-rata skor kreativitas 110,17 di kelas eksperimen dan 63 di kelas kontrol lalu rata rata skor hasil belajar 16,56 di kelas eksperimen dan 14 di kelas kontrol. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa kelas yang menerapkan media sparkol videoscribe lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menerapkan media power point. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media sparkol videoscribe terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA MAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024. Kata Kunci : Sparkol videoscribe, Kreativitas, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 08:51 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 08:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14001 |
Actions (login required)
View Item |