PENGARUH MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA MAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024)

Aufa, Elia Amanda (2024) PENGARUH MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA MAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sparkol videoscribe merupakan media pembelajaran yang mampu menghasilkan video dengan mengkombinasikan gambar, audio, desain yang menarik dan teks bergerak sehingga siswa dapat lebih mudah menangkap materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sparkol videoscribe terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA MAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sampel penelitian ini diambil dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kreativitas menggunakan instrument tes essay dan tes hasil belajar menggunakan instrument tes pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA MAN 1 Ciamis. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknis analisis data yang dilakukan menggunakan uji One Way Anova. Hasil dari analisis data statistik kreativitas diperoleh nilai sig. sebesar 0.000 dan hasil belajar diperoleh nilai sig. 0.001 yang berarti signifikansi <0,05 dengan hasil rata-rata skor kreativitas 110,17 di kelas eksperimen dan 63 di kelas kontrol lalu rata rata skor hasil belajar 16,56 di kelas eksperimen dan 14 di kelas kontrol. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa kelas yang menerapkan media sparkol videoscribe lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menerapkan media power point. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media sparkol videoscribe terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA MAN 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024. Kata Kunci : Sparkol videoscribe, Kreativitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:51
Last Modified: 03 Sep 2024 08:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14001

Actions (login required)

View Item View Item