PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENELAAH DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

HAETAMI, AMI AHMAD (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENELAAH DAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam kurikulum 2013 revisi salah satu teks yang harus dikuasai siswa adalah teks eksplanasi. Secara tersurat dalam kurikulum 2013 revisi dinyatakan bahwa menelaah dan menyajikan teks eksplanasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian yang penulis laksanakan berhasil dengan baik. Keberhasilan ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pretest awal ke posttest . Nilai rata-rata pretest untuk pengetahuan di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran think talk write adalah 58,73, dan nilai rata-rata posttest adalah 75,73. Nilai rata-rata pretest di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran problem based learning adalah 56,92 dan nilai postest adalah 69,90. Nilai rata-rata pretest untuk keterampilan di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran think talk write adalah 58,43, dan nilai rata-rata postest adalah 78,14. Nilai rata-rata pretest di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran problem based learning adalah 50,00 dan nilai rata-rata postests adalah 68,67. Dengan demikian, hasil pembelajaran di kelas eksperimen lebih berhasil dibandingkan dengan pembelajaran di kelas kontrol. Berdasarkan uji statistik perbedaan nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol (uji t) diketahui bahwa untuk kompetensi dasar pengetahuan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, yaitu 0,006 < 0,05 dan untuk kompetensi dasar keterampilan Sig. (2-tailed) < 0,05, yaitu 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model think talk write berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:54
Last Modified: 02 Sep 2024 06:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13885

Actions (login required)

View Item View Item