TINGKAT KESIAPSIAGAAN PESERTA DIDIK DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI (Pada Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya)

MUKHLIS, ALFAN MUHAMMAD (2024) TINGKAT KESIAPSIAGAAN PESERTA DIDIK DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI (Pada Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (382kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (205kB)
[img] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (168kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (316kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (267kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan yang berada di jalur pegunungan api dunia. Posisi yang dimiliki Indonesia memiliki potensi terhadap bencana alam. Gempa bumi adalah bencana yang sering terjadi di Indonesia yang terjadi secara mendadak dan tanpa adanya prediksi. Kota Tasikmalaya memiliki sejarah gempa tektonik terparah dengan kekuatan mencapai 7,9 Skala Richter. SMA Negeri 9 Tasikmalaya berada dilokasi padat penduduk serta intensitas aktivitas dilakukan di dalam ruangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan peserta didik dalam menghadapi bencana gempa bumi di SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Masalah dalam penelitian ini bahwa, lembaga pendidikan yaitu sekolah seharusnya bisa memberikan rasa yang aman dan nyaman terhadap warga sekolah khususnya peserta didik. Gedung sekolah yang dibuat dua lantai dikarenakan terbatasnya lahan yang dimiliki. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis skoring. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuesioner, serta studi literatur. Adapun jumlah populasi dalam penelitian in berjumlah 319 orang yaitu peserta didik kelas X di SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya pada tahun pelajaran 2023/2024 dengan sampel yang digunakan berjumlah 76 orang. Hasil penelitian ini bahwa tingkat kesiapsiagaan peserta didik dalam menghadapi bencana gempa bumi berada dalam kategori sangat siap. Pengukuran tingkat kesiapsiagaan diukur sebanyak dua kali yaitu pre-post test. Hasil skor tingkat kesiapsiagaan rerata pre test 83 sedangkan hasil rerata skor post-test 85 termasuk kategori sangat siap. Indeks pengetahuan dan sikap, rencana tanggap darurat, dan mobilisasi sumberdaya kategori sangat siap, sedangkan sistem peringatan bencana kategori siap. Hasil post-test terdapat peningkatan dan perbedaan yang signifikan berdasarkan uji t sig 0.00 < 0.05, berkaitan dengan itu dikarenakan dilakukan kegiatan sosialisasi kebencanaan, simulasi bencana gempa bumi, dan pembuatan jalur evakuasi sebagai upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan peserta didik. Upaya meningkatkan kesiapsiagaan yang telah dilakukan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kesiapsiagaan peserta didik dalam menghadapi bencana gempa bumi. Kata Kunci: Kesiapsiagaan, Peserta Didik, Gempa Bumi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:45
Last Modified: 02 Sep 2024 06:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13861

Actions (login required)

View Item View Item