GALANG, MUHAMMAD ARKAN (2024) ANALISIS STRUKTUR JEMBATAN BETON PRATEGANG MENGGUNAKAN PCI GIRDER DAN BOX GIRDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (398kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (147kB) |
|
Text
LEMBAR KEASLIAN.pdf Download (81kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (64kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (22kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (221kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Jembatan dengan gelagar beton prategang merupakan salah satu jenis jembatan yang umum digunakan dalam infrastruktur transportasi modern. Dimensi gelagar jembatan yang digunakan umumnya telah ditentukan, menyesuaikan dengan spesifikasi dari pabrik yang berpengalaman. Penelitian ini berfokus pada analisis struktural jembatan prategang, khususnya Jembatan Leuwiliang-Bagogog di Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Jembatan ini, yang awalnya merupakan konstruksi arch bridge, telah digantikan pada tahun 2021 dengan struktur PCI girder. Penelitian ini melibatkan modifikasi struktur atas jembatan dengan menggunakan struktur single cell box girder. Tujuan utama adalah untuk membandingkan hasil pembebanan, gaya, tegangan, dan lendutan yang terjadi pada masing-masing penampang. Penelitian dimulai dengan pengumpulan data exsisting di lapangan seperti panjang dan lebar jembatan, lebar jalan dan trotoar, dan lain-lain. Dari data-data yang telah dikumpulkan kemudian dilakukan preliminary design penampang. Desain girder yang digunakan mengikuti bridge product dari PT. Wika Beton. Pada tahap awal perencanaan dilakukan analisa pembebanan yang meliputi beban mati sendiri, beban mati tambahan, beban lajur “D”, beban akibat gaya rem, beban akibat gaya angin, beban akibat beban gempa, dan analisa kehilangan gaya prategang. Selanjutnya dilakukan kontrol tegangan dan lendutan yang terjadi pada struktur atas jembatan. Penelitian ini juga meliputi perbandingan harga satuan tidak terpasang, dalam hal ini tinjauan biaya mobilisasi, penggunaan alat, dan pemasangan tidak diperhitungkan. Dalam penelitian ini, analisis terhadap jembatan menggunakan girder tipe PCI menunjukkan penggunaan tiga tendon dengan masing-masing 19 strands, dimana setiap strand memiliki diameter 12,7 mm dan selongsong berdiameter 85 mm. Sementara itu, untuk jembatan dengan box girder, diperlukan 16 tendon dengan 13 strands per tendon, juga dengan selongsong berdiameter 85 mm. Kata Kunci: Beton Prategang, perbandingan struktur atas, gaya, tegangan, lendutan, dan harga satuan tidak terpasang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 06:15 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 06:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13824 |
Actions (login required)
View Item |