PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL GIZMOS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

FEBRIYANTI, DEVIRA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL GIZMOS TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER .pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (276kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN .pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. REKOMENDASI PENGUJI SIDANG .pdf

Download (383kB)
[img] Text
5. AQBSTRAK .pdf

Download (86kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR .pdf

Download (85kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH .pdf

Download (91kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI .pdf

Download (98kB)
[img] Text
9. BAB 1 .pdf

Download (102kB)
[img] Text
10. BAB 2 .pdf

Download (693kB)
[img] Text
11. BAB 3 .pdf

Download (335kB)
[img] Text
12. BAB 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
13. BA B 5 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (151kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran fisika. Upaya yang yang dilakukan peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengimplementasikan model pembelajaran Osborn berbantuan laboratorium virtual Gizmos. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn berbantuan laboratorium virtual Gizmos terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang mekanik di kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu tes dan non tes. Tes meliputi pretest dan posttest yang bertujuan untuk mengetahui nilai peserta didik sebelum dan setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Osborn berbantuan Gizmos. Sedangkan, non tes berupa lembar observer mengenai keterlaksanaan model pembelajaran Osborn berbantuan Gizmos pada pembelajaran fisika. Analisis data keterampilan pemecahan masalah menggunakan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:28
Last Modified: 29 Aug 2024 06:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item View Item