Maulidah, Ai Ilma Hamidatul (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONTRUKSI TEKS CERITA PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MA BPI Baturompe Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
10. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 revisi memuat beberapa kompetensi inti dan kompetensi dasar. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII yaitu Kompetensi Dasar 3.9 Menganalisis unsur pembangun cerita pendek dalam teks cerita pendek dan 4.9 Mengonstruksi cerita pendek dengan memerhatikan unsur pembangun teks cerita pendek. Meskipun demikian, di MA BPI Baturompe Tasikmalaya belum semua peserta didik menguasai kompetensi dasar tersebut. Oleh karena itulah penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan menganalisis dan mengkonstruksi unsur-unsur pembangun teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI MA BPI Baturompe Tahun Ajaran 2022/2023. Metode dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI MA BPI Baturompe tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 20 orang yang terdiri atas 9 orang peserta didik laki-laki dan 11 orang peserta didik perempuan. Berdasarkan hasil pengolahan data pada siklus kesatu diketahui bahwa, pada aspek pengetahuan 3.9 mengenai menganalisis unsur-unsur pembangun teks cerita pendek yang diperdengarkan atau dibaca terdapat 11 peserta didik (55%) telah mencapai KKM dan 9 peserta didik (45%) yang belum mencapai KKM. Pada aspek keterampilan 4.9 mengenai mengonstruksi unsur-unsur pembangun teks cerita pendek yang diperdengarkan atau dibaca terdapat 13 peserta didik (65%) yang telah mencapai KKM dan 7 peserta didik (35%) yang belum mencapai KKM. Pada siklus kedua, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM. Hasil uji statiska Wilcoxon terhadap data di atas menunjukkan bahwa Whitung = 0 < Wtabel (52). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan menganalisis dan mengonstruksi unsur-unsur pembangun teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI MA BPI Baturompe tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:03 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:03 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13727 |
Actions (login required)
View Item |