APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA EDUKASI MONUMEN BERSEJARAH DI INDONESIA

Nurachman, Dheni Septian (2024) APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA EDUKASI MONUMEN BERSEJARAH DI INDONESIA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (48kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (116kB)
[img] Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (33kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (26kB)
[img] Text
05. Abstract.pdf

Download (26kB)
[img] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (93kB)
[img] Text
07. Daftar Isi.pdf

Download (53kB)
[img] Text
08. Daftar Tabel.pdf

Download (44kB)
[img] Text
09. Daftar Gambar.pdf

Download (26kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (42kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (151kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (59kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)
[img] Text
16. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Indonesia memiliki banyak monumen yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, karena banyaknya peristiwa bersejarah. Maka, untuk dapat mengeksplorisasi monumen-monumen bersejarah yang tersebar di Indonesia, hanya dapat dilakukan dengan mengunjungi wilayah tersebut, sehingga tidak semua tingkatan orang dapat dengan mudah mengunjungi seluruh wilayah Indonesia. Berdasarkan permasalahan tersebut dibuatlah aplikasi yang bertujuan sebagai media edukasi pengenalan monumen-monumen bersejarah di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Perancangan aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality dengan pendekatan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Berdasarkan hasil pengujian Black Box semua fungsi pada aplikasi berfungsi dengan baik. Hasil akhir dari evaluasi dengan pengujian menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan responden sebanyak 30 orang mendapatkan nilai 78,83. Maka, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Augmented Reality sebagai media edukasi monumen bersejarah di Indonesia dalam kategori adjective rating bernilai GOOD dengan grade scale C. Sehingga, usability berdasarkan data tersebut mendapatkan tingkat penerimaan acceptable dan dapat dikatakan aplikasi ini layak untuk digunakan. Kata Kunci : Augmented Reality, MDLC, Monumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:01
Last Modified: 29 Aug 2024 01:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13723

Actions (login required)

View Item View Item