Aulia, Ade Trian (2024) ANALISIS INDIKATOR KINERJA PEDAGOGIK GURU TERHADAP TINGKAT KECURANGAN SISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA DECISION TREE (C4.5). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 Cover.pdf Download (37kB) |
|
Text
2 Lembar Pengesahan, Lembar Penguji.pdf Download (357kB) |
|
Text
3 Keaslian.pdf Download (584kB) |
|
Text
4 Abstrak.pdf Download (7kB) |
|
Text
5 Abstract.pdf Download (6kB) |
|
Text
6 Persembahan Motto.pdf Download (4kB) |
|
Text
7 Kata Pengantar.pdf Download (77kB) |
|
Text
8 Daftar Isi.pdf Download (81kB) |
|
Text
9 Daftar Tabel.pdf Download (78kB) |
|
Text
10 Daftar Gambar.pdf Download (58kB) |
|
Text
11 Daftar Persamaan.pdf Download (55kB) |
|
Text
12 Daftar Lampiran.pdf Download (61kB) |
|
Text
13 BAB I.pdf Download (103kB) |
|
Text
14 BAB II.pdf Download (382kB) |
|
Text
15 BAB III.pdf Download (161kB) |
|
Text
16 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
17 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
18 Daftar Pustaka.pdf Download (150kB) |
|
Text
19 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan pada dasarnya adalah proses pewarisan budaya dan karakter bangsa bagi generasi muda. Nilai-nilai yang dipilih dalam penguatan pendidikan karakter, jujur merupakan salah satu diantaranya oleh karena itu tujuan utama sebuah pendidikan adalah membentuk kejujuran. Namun masih banyak siswa yang melakukan kecurangan didalam proses belajar salah satunya menyontek pada saat pelaksanaan ujian, dimana lingkungan kelas yang merupakan salah satu faktor eksternal yang sangat berperan dimana terjadinya interaksi sosial antara para siswa dan guru. Oleh karena itu penting bagi guru dalam pengoptimalisasi pembelajaran dan berlatih serta mengembangkan kompetensinya, salah satunya kompetensi pedagogik yang mempunyai peranan penting serta kompetensi yang mutlak dimiliki oleh guru. Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu model data mining yang dapat menjelaskan pola atau hubungan dalam data indikator kinerja pedagogik guru terhadap data tingkat kecurangan siswa dengan menggunakan algoritma klasifikasi yaitu decision tree C4.5. Hasil evaluasi menggunakan confusion matrix pada model tingkat kecurangan dengan rasio data training dan data testing 80:20 menghasilkan tingkat Accuracy 100%, Precision 100%, Recall 100%, dan F1-Score 100%. Sedangkan pada rasio 50:50 menghasilkan Accuracy 88.89%, Precision 100%, Recall 80.77%, serta F1-Score 89.36%. Pada model kinerja pedagogik guru dengan rasio data training dan data testing 80:20 menghasilkan tingkat Accuracy 100%, Precision 100%, Recall 100%, dan F1-Score 100%. Sedangkan pada rasio 50:50 menghasilkan Accuracy 97.78%, Precision 100%, Recall 97.62%, serta F1-Score 98.79%. Kata Kunci - Confusion Matrix, Decision Tree C4.5, Kecurangan Akademik, Pedagogik Guru
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 06:33 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 06:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13714 |
Actions (login required)
View Item |