RACHMA, PUTRI HALIZA (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED HYBRID LEARNING (PRO-BHL) BERBANTUAN OLABS TERHADAP HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR (Quasi Experiment pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Talaga Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (190kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
4 HALAMAN PRIBADI.pdf Download (109kB) |
|
Text
5 SURAT REKOMENDASI.pdf Download (558kB) |
|
Text
6 ABSTRAK.pdf Download (163kB) |
|
Text
7 KATA PENGANTAR.pdf Download (142kB) |
|
Text
8 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (85kB) |
|
Text
9 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (150kB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (193kB) |
|
Text
11 BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
12 BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
13 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
14 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
|
Text
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Talaga, yang menunjukkan bahwa tingkat keaktifan dan Higher Order Thingking Skills (HOTS) peserta didik masih rendah. Selain itu, keterbatasan alat praktikum di laboratorium membuat pembelajaran kurang optimal karena jarang melakukan praktikum. Peneliti berupaya mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model Problem Based Hybrid Learning (Pro-BHL). Keterbatasan alat praktikum di laboratorium dapat diatasi dengan praktikum melalui OLabs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Pro-BHL berbantuan OLabs terhadap HOTS peserta didik pada materi kalor dan perpindahan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Talaga dengan populasi penelitian sebanyak 244 peserta didik yang termuat dalam 7 kelas XI MIPA. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur HOTS peserta didik dilakukan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk essay. Soal yang diberikan berjumlah 6 butir yang mewakili 3 indikator HOTS pada materi kalor dan perpindahan kalor. Teknik analisis data yang digunakan meliputi validasi ahli, uji coba instrumen, analisis keterlaksanaan model pembelajaran, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 02:29 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13673 |
Actions (login required)
View Item |