PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI KELOMPOK USAHA KECIL (Studi pada KPM di Kelurahan Mugarsari, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya)

SYAHPUTRA, AL FIKRI (2024) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI KELOMPOK USAHA KECIL (Studi pada KPM di Kelurahan Mugarsari, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (227kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (68kB)
[img] Text
5. MOTTO.pdf

Download (197kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (145kB)
[img] Text
8.UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (367kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (255kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)

Abstract

Perubahan sistem pemasaran dari tradisional menjadi digital marketing untuk menghadapi era 5.0 memaksakan pihak umkm untuk melakukan perubahan dalam sistem pemasaran produknya melalui media sosial. berdasarkan hal tersebut masih banyak pelaku umkm di desa mugarsari kecamatan tamansari yang belum memahami digital marketing. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendamping pkh dalam meningkatkan pemanfaatan digital marketing, dengan fokus pada studi di desa mugarsari kecamatan tamansari. metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. hasil penelitian dengan lima respondend ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan usaha mikro kecil menengah (umkm), para kpm kurang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya di bagian digital marketing, akan tetapi dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan oleh pendamping pkh yaitu (5p) yaitu pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, pemeliharaan sehingga keluarga penerima manfaat (kpm) bisa untuk membuka usahanya sendiri. serta adanya pemanfaatan teknologi melalui pelatihan yang di laksanakan oleh pendamping pkh. sehingga kpm dalam melaksanakan usaha umkm dapat mengembangkan bisnisnya usahanya melalui digital marketing. dengan adanya program keluarga harapan, yang mengikuti pelatihan umkm dari awal, usahanya sangat terbantu serta paham akan memasarkan usahanya melalui digital marketing. simpulan yang didapatkan setelah melakukan wawancara yaitu dengan adanya kegiatan pelatihan digital marketing pelaku umkm bisa meningkatkan usahanya dalam pemanfaatan digital marketing. Kata Kunci : Pengembangan UMKM, Digital Marketing, Program Keluarga Harapan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:16
Last Modified: 27 Aug 2024 08:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13657

Actions (login required)

View Item View Item