SYAHPUTRA, AL FIKRI (2024) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI KELOMPOK USAHA KECIL (Studi pada KPM di Kelurahan Mugarsari, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (227kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (56kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (68kB) |
|
Text
5. MOTTO.pdf Download (197kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (145kB) |
|
Text
8.UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (217kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (223kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (293kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (367kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (255kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
Abstract
Perubahan sistem pemasaran dari tradisional menjadi digital marketing untuk menghadapi era 5.0 memaksakan pihak umkm untuk melakukan perubahan dalam sistem pemasaran produknya melalui media sosial. berdasarkan hal tersebut masih banyak pelaku umkm di desa mugarsari kecamatan tamansari yang belum memahami digital marketing. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendamping pkh dalam meningkatkan pemanfaatan digital marketing, dengan fokus pada studi di desa mugarsari kecamatan tamansari. metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. hasil penelitian dengan lima respondend ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan usaha mikro kecil menengah (umkm), para kpm kurang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya di bagian digital marketing, akan tetapi dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan oleh pendamping pkh yaitu (5p) yaitu pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, pemeliharaan sehingga keluarga penerima manfaat (kpm) bisa untuk membuka usahanya sendiri. serta adanya pemanfaatan teknologi melalui pelatihan yang di laksanakan oleh pendamping pkh. sehingga kpm dalam melaksanakan usaha umkm dapat mengembangkan bisnisnya usahanya melalui digital marketing. dengan adanya program keluarga harapan, yang mengikuti pelatihan umkm dari awal, usahanya sangat terbantu serta paham akan memasarkan usahanya melalui digital marketing. simpulan yang didapatkan setelah melakukan wawancara yaitu dengan adanya kegiatan pelatihan digital marketing pelaku umkm bisa meningkatkan usahanya dalam pemanfaatan digital marketing. Kata Kunci : Pengembangan UMKM, Digital Marketing, Program Keluarga Harapan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 08:16 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 08:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13657 |
Actions (login required)
View Item |