EVALUASI USABILITY PADA WEBSITE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SILIWANGI MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE

Firmansyah, Achmad Ridwan (2024) EVALUASI USABILITY PADA WEBSITE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SILIWANGI MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (177kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (317kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN PENGUJI SIDANG AKHIR.pdf

Download (248kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (283kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (173kB)
[img] Text
7. HALAMAN MOTTO.pdf

Download (170kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (222kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (240kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (240kB)
[img] Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (455kB)
[img] Text
15. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
16. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perpustakaan Universitas Siliwangi memiliki situs atau website yang dapat diakses melalui alamat http://digilib.unsil.ac.id/. Terdapat beberapa masalah terkait ketergunaan situs web perpustakaan Universitas Siliwangi, seperti sulitnya navigasi situs, beberapa buku tidak memiliki cover book, bagian detail information buku isinya kurang lengkap, font nya kurang terbaca, serta tampilan yang kurang menarik dikarenakan tidak adanya staff ahli IT di perpustakaan. Masalah ini dapat menyebabkan pengguna menjadi kurang bersemangat dan tidak memanfaatkan layanan perpustakaan Universitas Siliwangi secara optimal. Evaluasi ketergunaan website perpustakaan Universitas Siliwangi menggunakan metode User Experience Questionnaire. Berdasarkan hasil pengolahan data dari 40 responden pada masing�masing atribut yang mengukur user experience dengan UEQ diketahui website perpustakaan Universitas Siliwangi mendapatkan nilai evaluasi netral pada semua aspek, nilai rata-rata dan hasil benchmark yaitu: attractiveness (mean 0,53), perspicuity (mean 0,72), efficiency (mean 0,52), dependability (mean 0,45), stimulation (mean 0,29) mendapatkan nilai bad (buruk), dan pada aspek novelty (mean 0,28) mendapatkan nilai below average (dibawah rata-rata). Rekomendasi pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan pihak website perpustakaan Universitas Siliwangi perlu untuk memperbaiki user experience pada setiap area aspek attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation dan novelty harus ditingkatkan untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi. Kata Kunci: User Experience, Perpustakaan Digital, User Experience Questionnaire, UEQ Data Analysis Tool

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:32
Last Modified: 27 Aug 2024 01:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13589

Actions (login required)

View Item View Item