Firmansyah, Achmad Ridwan (2024) EVALUASI USABILITY PADA WEBSITE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SILIWANGI MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (177kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf Download (317kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN PENGUJI SIDANG AKHIR.pdf Download (248kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (283kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (173kB) |
|
Text
7. HALAMAN MOTTO.pdf Download (170kB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (222kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (299kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (240kB) |
|
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (240kB) |
|
Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (252kB) |
|
Text
13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (455kB) |
|
Text
15. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
|
Text
16. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Perpustakaan Universitas Siliwangi memiliki situs atau website yang dapat diakses melalui alamat http://digilib.unsil.ac.id/. Terdapat beberapa masalah terkait ketergunaan situs web perpustakaan Universitas Siliwangi, seperti sulitnya navigasi situs, beberapa buku tidak memiliki cover book, bagian detail information buku isinya kurang lengkap, font nya kurang terbaca, serta tampilan yang kurang menarik dikarenakan tidak adanya staff ahli IT di perpustakaan. Masalah ini dapat menyebabkan pengguna menjadi kurang bersemangat dan tidak memanfaatkan layanan perpustakaan Universitas Siliwangi secara optimal. Evaluasi ketergunaan website perpustakaan Universitas Siliwangi menggunakan metode User Experience Questionnaire. Berdasarkan hasil pengolahan data dari 40 responden pada masing�masing atribut yang mengukur user experience dengan UEQ diketahui website perpustakaan Universitas Siliwangi mendapatkan nilai evaluasi netral pada semua aspek, nilai rata-rata dan hasil benchmark yaitu: attractiveness (mean 0,53), perspicuity (mean 0,72), efficiency (mean 0,52), dependability (mean 0,45), stimulation (mean 0,29) mendapatkan nilai bad (buruk), dan pada aspek novelty (mean 0,28) mendapatkan nilai below average (dibawah rata-rata). Rekomendasi pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan pihak website perpustakaan Universitas Siliwangi perlu untuk memperbaiki user experience pada setiap area aspek attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation dan novelty harus ditingkatkan untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi. Kata Kunci: User Experience, Perpustakaan Digital, User Experience Questionnaire, UEQ Data Analysis Tool
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:32 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:32 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13589 |
Actions (login required)
View Item |