Maelani, Dini Mugni (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (123kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (166kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (248kB) |
|
Text
4. ABSTRAK .pdf Download (95kB) |
|
Text
5. DAFTAR - DAFTAR .pdf Download (124kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR .pdf Download (177kB) |
|
Text
7. BAB I .pdf Download (266kB) |
|
Text
8. BAB II .pdf Download (253kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (423kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (97kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik. Meskipun demikian, pada kenyataannya peserta didik kelas VIII-D MTs Bahrul Ulum Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 masih banyak yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Snowball Throwing meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita serta menyimpulkan isi teks berita. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan pengolahan data dari penelitian ini dapat diketahui adanya peningkatan dalam proses pembelajaran dari siklus kesatu sampai siklus kedua. Hasil belajar peserta didik dalam mengidentifiksi unsur-unsur teks berita siklus kesatu yaitu sebanyak 3 (12,5%) peserta didik yang telah mencapai KKM dan 21 (87%) peserta didik yang belum mecapai KKM. Dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks berita sebanyak 4 (17%) peserta didik yang sudah mencapai KKM dan 20 (83%) peserta didik yang belum mencapai KKM. Pada siklus kedua baik dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita maupun menyimpulkan isi teks berita, seluruh peserta didik kelas VIII-D telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 20 (100%) peserta didik. Data tersebut diolah menggunakan uji statistika Wilcoxon. Berdasarkan perhitungan nilai Whitung (0) lebih kecil daripada nilai Wtabel 38. Maka dapat diartikan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 05:10 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 05:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13413 |
Actions (login required)
View Item |