PERAN INSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA JEPANG BAGI CALON PEKERJA MIGRAN INDONESIA (Studi di Lembaga Pelatihan Kerja Seiko Sukapura Indonesia)

FATHONAH, EKA AMALIA SITI (2024) PERAN INSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA JEPANG BAGI CALON PEKERJA MIGRAN INDONESIA (Studi di Lembaga Pelatihan Kerja Seiko Sukapura Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (76kB)
[img] Text
02 Lembar Penguji Eka.pdf

Download (53kB)
[img] Text
03 Lembar Pengesahan Eka.pdf

Download (62kB)
[img] Text
04 Lembar Pernyataan Eka.pdf

Download (82kB)
[img] Text
05 Halaman Pribadi.pdf

Download (188kB)
[img] Text
06 Abstrak.pdf

Download (188kB)
[img] Text
07 Abstract.pdf

Download (190kB)
[img] Text
08 Kata Pengantar.pdf

Download (264kB)
[img] Text
09 Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (192kB)
[img] Text
10 Daftar Isi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
11 Daftar Tabel.pdf

Download (187kB)
[img] Text
12 Daftar Gambar.pdf

Download (187kB)
[img] Text
13 Daftar Lampiran.pdf

Download (191kB)
[img] Text
14 BAB 1.pdf

Download (406kB)
[img] Text
15 BAB 2.pdf

Download (571kB)
[img] Text
16 BAB 3.pdf

Download (416kB)
[img] Text
17 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
18 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
19 Daftar Pustaka.pdf

Download (615kB)
[img] Text
20 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, banyak masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri terkhusus di negara Jepang namun terkendala oleh bahasa, adanya pendidikan non formal menjadi salah satu solusi untuk permasalahan tersebut karena adanya LPK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran instruktur dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Jepang bagi CPMI di LPK Seiko. Metode Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa peran yang di lakukan oleh instruktur untuk meningkatkan keterampilaan Bahasa diantaranya: Instruktur mencari informasi tentang latar belakang peserta tentang materi dan hal lain yang berkaitan dengan pelatihan, mengelola seluruh kegiatan pelatihan dengan terencana, memberi stimulus dan dorongan terhadap peserta yang mengalami kesulitan, mengarahkan peserta yang kurang paham terhadap materi/ membiasakan untuk berbicara dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jepang, memberikan ruang untuk konsultasi kepada peserta yang masih kurang paham terhadap materi yang disampaikan, memfasilitasi segala hal yang berhubungan dengan pelatihan, dan mengevaluasi kegiatan pelatihan dari awal sampai ahir. Simpulan dari penelitian ini bahwa instruktur di LKP Seiko telah berupaya meningkatkan keterampilan bahasa Jepang para peserta pelatihan melalui beberapa peran instrutur yaitu sebagai informator, organisator, motivator, director, inisiator, Fasilitator dan evaluator. Terbukti dengan banyaknya peserta pelatihan yang telah di berangkatkan ke negara Jepang. Kata Kunci: Peran Instruktur, Keterampilan Bahasa, Pekerja Migran Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 Aug 2024 05:10
Last Modified: 19 Aug 2024 05:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13407

Actions (login required)

View Item View Item