APLIKASI MEDIA SOSIALISASI PENGENALAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) BERBASIS AUGMENTED REALITY

Fanny Arfan, Han Han (2018) APLIKASI MEDIA SOSIALISASI PENGENALAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) BERBASIS AUGMENTED REALITY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (94kB)
[img] Text
6 Abstrak indo.pdf

Download (6kB)
[img] Text
7 KATA PENGANTAR.pdf

Download (185kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR FIX.pdf

Download (98kB)
[img] Text
9 BAB I han.pdf

Download (126kB)
[img] Text
10 BAB II han.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
11 BAB III han.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
12 BAB IV han.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13 BAB V han.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
14 Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB)

Abstract

Untuk meningkatkan kesehatan di masyarakat, institusi kesehatan berupaya melakukan penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di berbagai tempat salah satunya yaitu di sekolah. Dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini banyak melibatkan bidang multimedia karena efektif untuk menyampaikan informasi. Teknologi di bidang multimedia yang sedang berkembang saat ini adalah Augmented Reality. Media yang dimaksud yaitu untuk mempermudah penyampaian harus selalu berkembang agar anak-anak tidak bosan. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real-time. Pemanfaatan media menggunakan teknologi augmented reality tentang PHBS di Sekolah dapat meningkatkan daya tarik pada proses pembelajaran, dengan menampilkan objek 3D dan objek berupa video. Aplikasi yang dibangun dengan menggunakan metode design and creation dan metode Luther-Sutopo yang terdiri dari 6 fase yang terdiri dari concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Perancangan augmented reality dapat dibangun dengan menggunakan bantuan software Vuforia dan Unity 3D. Hasil dari pengembangan berupa media sosialisasi pengenalan PHBS di Sekolah berbasis augmented reality. Kata Kunci : Augmented Reality, Perkembangan Teknologi, PHBS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Oct 2019 04:25
Last Modified: 28 Oct 2019 04:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item