NURSIFAH, FITRI (2024) PELATIHAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MELALUI KETERAMPILAN TATA BOGA PADA PROGRAM PAKET C (Studi di PKBM Al-Fattah Manonjaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (30kB) |
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (330kB) |
|
Text
3. penguji.pdf Download (257kB) |
|
Text
4. pernyataan.pdf Download (286kB) |
|
Text
5. motto.pdf Download (314kB) |
|
Text
6. abstrak.pdf Download (308kB) |
|
Text
7. kata pengantar.pdf Download (414kB) |
|
Text
8. ucapan terima kasih.pdf Download (323kB) |
|
Text
9. daftar isi.pdf Download (322kB) |
|
Text
10. bab i.pdf Download (434kB) |
|
Text
11. bab ii.pdf Download (375kB) |
|
Text
12. bab iii.pdf Download (377kB) |
|
Text
13. bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) |
|
Text
14. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
15. daftar pustaka.pdf Download (325kB) |
|
Text
16. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan pengetahuan dan keterampilan warga belajar program paket C dalam keterampilan tata boga. Sehingga perlu diadakannya pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan pendidikan kecakapan hidup melalui keterampilan tata boga pada program paket C. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu pedoman observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelakasanaan pelatihan keterampilan tata boga pada program paket C menjalankan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan yang meliputi identifikasi kebutuhan belajar, sumber-sumber belajar yang tersedia dan kemungkinan hambatan, menetapkan tujuan dan menyusun kegiatan pelatihan. Tahap kedua yaitu pelaksanaan yang meliputi materi pelatihan, pendekatan pelatihan, metode pelatihan dan teknik pelatihan. Tahap terakhir yaitu evaluasi pelatihan dimana dalam tahap ini mengevaluasi empat unsur yaitu reaction (reaksi), learning (pembelajaran), behavior (perilaku) dan result (dampak/hasil). Simpulannya yaitu pelatihan pendidikan kecakapan hidup melalui keterampilan tata boga berhasil memberikan dampak atau hasil yang positif bagi lembaga yaitu meningkatnya reputasi lembaga di masyarakat. Dampak atau hasil bagi peserta pelatihan yaitu menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan, menjadi lebih mandiri, bisa membuka usaha pada bidang kuliner, dan meningkatkan per ekonomian. Kata Kunci: Pelatihan, Pendidikan Kecakapan Hidup, Tata Boga
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 00:53 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 00:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13005 |
Actions (login required)
View Item |