PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI MODELLUS PADA MATERI HUKUM KEKEKALAN ENERGI

HARTATI, VIVI YULIA PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI MODELLUS PADA MATERI HUKUM KEKEKALAN ENERGI. Diploma thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (333kB)
[img] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (355kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (589kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (339kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Vivi Yulia Hartati. 2024. PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI MODELLUS PADA MATERI HUKUM KEKEKALAN ENERGI Penggunaan teknologi dalam pendidikan sesuai dengan Permendikbudristek tentang standar proses yaitu penggunaan perangkat teknologi untuk memberi pengalaman belajar yang berkualitas demi tercapainya tujuan belajar. Materi hukum kekekalan energi merupakan salah satu materi kontekstual dengan konsep dan contoh yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Pembuktian terkait keberlakuan hukum kekekalan energi dapat dengan memberikan gambaran, hubungan, atau representasi persamaan matematis untuk mempermudah pemahaman siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengembangan e-modul berbasis discovery learning berbantuan simulasi modellus pada materi hukum kekekalan energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul dengan langkah praktikum menggunakan model discovery learning berbantuan simulasi modellus pada materi hukum kekekalan energi yang valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Namun, dalam penelitian ini peneliti membatasi penggunaan model pengembangan 4D sampai pada tahap develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, angket kebutuhan siswa, angket validasi ahli materi dan ahli media, serta angket kepraktisan siswa. Setelah produk yang dibuat mendapatkan hasil yang valid dari ahli materi dan ahli media, dilakukan uji coba produk kepada siswa kelas X1 untuk mengukur kepraktisan produk yang dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase hasil validasi dari ahli materi sebesar 85% dan ahli media sebesar 89% dengan kategori sangat valid. Hasil persentase kepraktisan sebesar 95% dengan kategori sangat praktis. Jadi, e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Discovery learning, E-modul, Hukum kekekalan energi, Modellus

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:41
Last Modified: 05 Aug 2024 07:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12939

Actions (login required)

View Item View Item