PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 MANONJAYA

NURJANI, NURJANI (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 MANONJAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (70kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (75kB)
[img] Text
8. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (215kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (369kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media WordWall pada mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Manonjaya; dan 2) mengetahui pengaruh media pembelajaran WordWall pada mata pelajaran Sejarah Indonesia terhadap motivasi belajar Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Manonjaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu desain kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest with non-Equivalent Control-Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Manonjaya, sedangkan sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 SMA Negeri 1 Manonjaya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan obervasi dan penyebaran kuesioner sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Untuk mengolah data peneliti menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 26. Hasil uji hipotesis uji hipotesis dengan uji independent sample t-test diketahui nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 yang berarti < 0,05. Penemuan dilapangan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik seperti memperhatikan dengan fokus ketika guru menjelaskan, aktif ketika belajar dan mengikuti pembelajaran secara menyeluruh. Berdasarkan penemuan dilapangan dan pengujian yang telah dilakukan maka dapat dinyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran WordWall pada mata pelajaran Sejarah Indonesia berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Manonjaya. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah Indonesia, Media WordWall, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:34
Last Modified: 30 Jul 2024 01:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12719

Actions (login required)

View Item View Item