GUSMAWATI, SOPHI (2024) ANALISIS ASPEK KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XII DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (633kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (174kB) |
|
Text
3. Pernyataan Keabsahan.pdf Download (266kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf.pdf Download (734kB) |
|
Text
5. Kata pengantar.pdf Download (339kB) |
|
Text
6. Ucapan Terimakasih.pdf.pdf Download (279kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf.pdf Download (683kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf.pdf Download (642kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf.pdf Download (712kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf.pdf Download (617kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf.pdf Download (706kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf.pdf Download (993kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf.pdf Download (709kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
|
Text
18. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
Abstract
Penelitian ini membuktikan bahwa buku teks biologi yang digunakan oleh SMA Negeri di Kota Tasikmalaya sudah mengembangkan salah satu tujuan kurikulum 2013 yaitu menggunakan pendekatan saintifik dengan mengembangkan aspek KPS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran aspek keterampilan proses sains pada buku teks biologi kelas XII di SMA Negeri Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis isi (conten analysis). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dari teknik tersebut didapatkan tiga buku biologi yang berasal dari tiga penerbit yang berbeda dan banyak digunakan di SMA Negeri di Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan buku A mengembangkan 100%, buku B mengembangkan 92%, dan buku C mengembangkan 83% dari seluruh aspek KPS yang diteliti. Dari ketiga buku yang dianalisis yang paling banyak ditemukan ialah jenis KPS Dasar dengan rata-rata persentase 83,63% sedangkan pengembangan KPS Terintegrasi hanya sekitar 16,37%. Analisis data yang digunakan ialah uji reliabilitas inter-rater dengan menghitung koefisien kappa dan menghitung persentase kesepakatan antar pengamat. Dari ketiga buku teks biologi yang dianalisis menunjukkan buku-buku tersebut telah memenuhi aspek KPS dengan hasil penilaian kappa dan perhitungan persentase antar pengamat menyatakan bahwa hasil pengkategorian dapat diterima (buku A = 0,951/98%, buku B = 0,954/99%, dan buku C 0,974/97%). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiga buku teks biologi yang dianalisis telah sesuai dalam mengembangkan keterampilan proses sains, meskipun frekuensi pengembangannya belum merata pada seluruh aspek KPS (lebih banyak mengembangkan keterampilan proses dasar). Kata kunci: Analisis, Buku Teks Biologi, Keterampilan Proses Sains
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 08:01 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 08:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12715 |
Actions (login required)
View Item |