GAGASAN PENDIDIKAN NASIONAL DALAM MAJALAH POESARA TAHUN 1931-1941

UTAMA, DENARI PRADITYA (2024) GAGASAN PENDIDIKAN NASIONAL DALAM MAJALAH POESARA TAHUN 1931-1941. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perhatian kaum pribumi kepada pendidikan semakin meningkat, terutama ketika pemerintah Hindia Belanda hanya memprioritaskan pendidikan bagi golongan tertentu saja. Salah satu upaya yang dilakukan kaum pribumi adalah menyuarakan gagasan pendidikan nasional melalui Majalah Poesara yang diterbitkan oleh Tamansiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gagasan pendidikan nasional dalam Majalah Poesara. Penelitian skripsi ini dilakukan dengan berlandaskan kepada metode historis yang terdiri atas langkah heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Data penelitian skripsi ini dikumpulkan dengan metode studi pustaka dan studi dokumen berbantuan sistem kartu. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode kritik, baik secara intern maupun ekstern, termasuk di dalamnya adalah dengan strategi perbandingan yang kemudian diinterpretasi. Hasil penelitian skripsi ini menunjukan bahwa konsep pendidikan nasional yang dimaksud ialah pendidikan yang beralaskan pada garis hidup dan budaya bangsa. Gagasan pendidikan nasional yang terdapat dalam Majalah Poesara secara garis besar di kelompokan menjadi dua kelompok, yaitu pengajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan pengajaran watak sebagai pelajaran luhur budaya bangsa. Sementara pada masa pemerintah Hindia Belanda pendidikan yang diberikan masih menganut sistem kolonial, kondisi tersebut yang kemudian disuarakan melalui Majalah Poesara dengan gagasan pendidikan nasionalnya. Salah satu diantara kebijakan kolonial tersebut yaitu bahasa yang diajarkan masih menganut bahasa Belanda, setiap pemimpin harus orang Belanda, dan semua pengajaran yang diberikan masih berdasarkan pada sistem kolonial. Kata Kunci : Gagasan Pendidikan Nasional, Majalah Poesara, Taman Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:08
Last Modified: 26 Jul 2024 02:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12646

Actions (login required)

View Item View Item