PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI ARTHROPODA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2018/2019)

ENDAH SILVIANI, NUR (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI ARTHROPODA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 Cover Skripsi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
4 KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
9 BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
10 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
14 dapus.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penggunaan model discovery learning merupakan salah satu inovasi pembelajaran, model ini dapat menggugah rasa ingin tahu peserta didik terhadap pembelajaran biologi sehingga dapat meningkatkan motivasi dan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada sub materi arthropoda di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018 s/d Juli 2019 di kelas X MIPA SMA Negri 1 Singaparna. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode true eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 8 kelas dengan jumlah peserta didik 284 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket motivasi dan tes hasil belajar pada sub materi arthropoda. Tes hasil belajar berupa soal pilihan majemuk. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukan, ada pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada sub materi arthropoda di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna dan terdapat hubungan antara motivasi dan hasil belajar. Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Arthropoda

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Oct 2019 01:38
Last Modified: 29 Oct 2019 01:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item