ENDAH SILVIANI, NUR (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI ARTHROPODA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 Cover Skripsi.pdf Download (15kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text
4 KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf Download (183kB) |
|
Text
5 DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) |
|
Text
9 BAB I.pdf Download (138kB) |
|
Text
10 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
|
Text
11 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
|
Text
12 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
|
Text
13 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
14 dapus.pdf Download (119kB) |
Abstract
Penggunaan model discovery learning merupakan salah satu inovasi pembelajaran, model ini dapat menggugah rasa ingin tahu peserta didik terhadap pembelajaran biologi sehingga dapat meningkatkan motivasi dan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada sub materi arthropoda di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018 s/d Juli 2019 di kelas X MIPA SMA Negri 1 Singaparna. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode true eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 8 kelas dengan jumlah peserta didik 284 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket motivasi dan tes hasil belajar pada sub materi arthropoda. Tes hasil belajar berupa soal pilihan majemuk. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukan, ada pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada sub materi arthropoda di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna dan terdapat hubungan antara motivasi dan hasil belajar. Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Arthropoda
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 01:38 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 01:38 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1262 |
Actions (login required)
View Item |