Khotimah, Dita Fitri (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR hhhhhhhhhh DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (78kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (289kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (214kB) |
|
Text
4 ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (136kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (89kB) |
|
Text
7 BAB 1.pdf Download (166kB) |
|
Text
8 BAB 2.pdf Download (235kB) |
|
Text
9 BAB 3.pdf Download (216kB) |
|
Text
10 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
|
Text
11 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 Revisi diorientasikan pada pembelajaran berbasis teks. Berfokus pada keterampilan membaca, menulis, mendengar, berbicara dan memirsa. Salah satu teks yang harus dikuasai termuat dalam KD 3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi tentang objek yang didengar dibaca, dan; 4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek secara tulis dan lisan. Perolehan nilai peserta didik VII A SMP Negeri 18 Tasikmalaya sebagian besar belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 76. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran jigsaw meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menyajikan teks deskripsi pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian yang penulis laksanakan menunjukkan perolehan nilai siklus kesatu aspek pengetahuan peserta didik sebanyak 14 orang (56%) berhasil mencapai KKM dan 11 orang (44%) belum mencapai KKM. Perolehan nilai aspek keterampilan peserta didik sebanyak 13 orang (52%) berhasil mencapai KKM dan 15 orang (48%) belum mencapai KKM. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada nilai pengetahuan dan keterampilan sebanyak 25 orang (100%) telah mencapai KKM. Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya. Berdasarkan analisis data statistik siklus kesatu dan siklus kedua dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur, kaidah kebahasaan, dan menyajikan teks deskripsi pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:23 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12611 |
Actions (login required)
View Item |