PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA BERBASIS ARDUINO UNTUK MENENTUKAN MOMEN GAYA

SUNANDAR, YOSEP (2024) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA BERBASIS ARDUINO UNTUK MENENTUKAN MOMEN GAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (237kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (408kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[img] Text
5 KATA PRNGANTAR.pdf

Download (428kB)
[img] Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (411kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (708kB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (484kB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar fisika di MAN 1 Kota Tasikmalaya belum sepenuhnya menggunakan media pembelajaran, salah satunya pada materi momen gaya, sehingga pemahaman peserta didik terhadap materi kurang mendalam. Sebanyak 68,1% peserta didik masih merasa kesulitan untuk memahami materi momen gaya. Teknologi yang sedang berkembang harus dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini untuk mengembangkan alat peraga momen gaya berbasis arduino serta mendeskripsikan tingkat validitas dan kepaktisan alat peraga momen gaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap define dilakukan dengan studi literatur, wawancara dan analisis kebutuhan peserta didik. Tahap design dilakukan dengan melakukan perancangan mekanik, perangkat keras dan perangkat lunak. Tahap develop dilakukan dengan membuat alat peraga serta menguji tingkat validitas dan kepraktisannya. Tahap disseminate dilakukan dengan melakukan uji efektivitas alat peraga kepada peserta didik. Uji validitas alat peraga dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sedangkan uji kepraktisan dilakukan melalui penilaian dari guru fisika dan respons peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa alat peraga sudah memenuhi setiap aspek media pembelajaran dengan persentase 100%. Uji kepraktisan alat peraga dilakukan di kelas XI IPA MAN 1 Kota Tasikmalaya. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa alat peraga praktis digunakan dalam proses pembelajaran dengan persentase 97,52%. Alat peraga yang dikembangkan dapat memperagakan hubungan momen gaya dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Alat peraga dapat menentukan momen gaya dengan persentase kesalahan relatif 4,56%. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa alat peraga efektif digunakan dalam proses pembelajaran dengan persentase 71%. Pengembangan alat ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan membantu peserta didik dalam memahami materi momen gaya. Kata kunci: media pembelajaran, sensor, teknologi, torsi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:01
Last Modified: 24 Jul 2024 06:01
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12593

Actions (login required)

View Item View Item