AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI SUMPAH PEMUDA DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 7 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019

PRATAMA, OCTAVIO (2019) AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MATERI SUMPAH PEMUDA DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 7 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI OCTAVIO PRATAMA 152171043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran sejarah peminatan karena guru menggunakan metode yang kurang menarik perhatian siswa dan sehingga guru berinsiatif untuk menggunakan sebuah metode pembelajaran yang menarik bagi siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran sosiodrama. Aktivitas belajar siswa dapat diamati dari beberapa indikator seperti visual, oral, mental, dan emosional. Munculnya aktivitas belajar siswa dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Metode pembelajaran yang dapat memunculkan aktivitas belajar siswa yaitu dengan metode pembelajaran sosiodrama. Namun kebenaran pendapat ini perlu dibuktikan melalui penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Populasi siswa kelas XI IPS berjumlah 142 siswa dari 4 kelas dan sampel yang telah ditentukan adalah kelas XI IPS 2 yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran sosiodrama, aktivitas belajar siswa yang diperoleh dengan hasil data penskoran sebesar 77,2%. Perolehan dari aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran sosiodrama termasuk pada kategori tinggi dengan perolehan skor persentase 77,2%. Dilanjutkan dengan wawancara dilakukan kepada siswa dan guru mata pelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS 2. Dengan demikian bahwa dengan penggunaan metode pembelajaran sosiodrama aktivitas belajar siswa dikategorikan tinggi. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Metode Pembelajaran Sosiodrama, Sejarah Peminatan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Oct 2019 02:07
Last Modified: 29 Oct 2019 02:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item View Item