Hidayah, Ihsan Manarul (2024) ANALISIS OPERASIONAL PENGOSONGAN BATERAI ION LITHIUM PADA BEBAN DINAMIK MOTOR BLDC 2kW. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (24kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (44kB) |
|
Text
04. HALAMAN PERNYATAAN MENYERAHKAN HAK MILIK.pdf Download (78kB) |
|
Text
05. ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (330kB) |
|
Text
07. DAFTAR ISI.pdf Download (211kB) |
|
Text
08. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (191kB) |
|
Text
09. DAFTAR TABEL.pdf Download (184kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (192kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (631kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (310kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
Abstract
Mobil listrik telah menjadi solusi untuk mengurangi bahan bakar fosil dan dampak negatif lingkungan dari pencemaran udara dari kendaraan bermesin bakar konvensional. Baterai merupakan komponen penting pada mobil listrik untuk menggerakan sebuah motor mobil listrik. Pada saat baterai digunakan untuk pembebanan dengan beban motor BLDC diperlukan pemantauan arus tegangan pada baterai. Pemantauan diperlukan untuk mencegah terjadinya overdischarge pada baterai yang digunakan. Tujuan penelitian adalah memonitoring tegangan dan arus baterai LiFePO4 48V 100 Ah ketika proses pembebanan pada motor BLDC 48V 2 kW. Monitoring baterai menggunakan sensor PZEM-017 untuk mengukur tegangan dan arus pada baterai. Tegangan dan arus baterai terukur berturut-turut berada pada rentang 47,557 - 47,85 V dan 37,28 - 54,87 A. Kapasitas baterai ketika pembebanan motor mobil listrik pada kecepatan rata rata 20 dan 11 km/jam berturut-turut adalah 35% dan 28% setiap jamnya. Tingkat akurasi pembacaan tegangan dan arus oleh sensor PZEM-017 berturut-turut adalah 99,84% dan 99,56%. Data hasil pengujian untuk tegangan dan arus baterai yang dihasilkan cukup optimal karena tidak melewati rentang tegangan dan arus untuk spesifikasi baterai. Kata Kunci : Baterai LiFePO4, Mobil listrik, Monitoring
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 06:56 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 06:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12421 |
Actions (login required)
View Item |