PENGARUH PENAMBAHAN METODE HEURISTICS EVALUATION TERHADAP USABILITY EVALUATION METODE DESIGN THINKING STUDI KASUS APLIKASI VCLASS UNIVERSITAS SILIWANGI

Isfahani, Faisal Al (2023) PENGARUH PENAMBAHAN METODE HEURISTICS EVALUATION TERHADAP USABILITY EVALUATION METODE DESIGN THINKING STUDI KASUS APLIKASI VCLASS UNIVERSITAS SILIWANGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (51kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (378kB)
[img] Text
03 Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (186kB)
[img] Text
04 Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
05 Motto dan Persembahan.pdf

Download (119kB)
[img] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (127kB)
[img] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (108kB)
[img] Text
08 Daftar Gambar.pdf

Download (105kB)
[img] Text
09 Daftar Tabel.pdf

Download (39kB)
[img] Text
10 Daftar Lampiran.pdf

Download (75kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf

Download (356kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf

Download (74kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (147kB)
[img] Text
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aplikasi VClass Universitas Siliwangi (UNSIL) merupakan platform pembelajaran berbasis web untuk mahasiswa Universitas Siliwangi. Setelah diluncurkan pada tahun 2021, pengembang aplikasi ini menemui beberapa permasalahan antarmuka (UI/UX) yang dihadapi oleh para pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan kegunaan dalam aplikasi VClass UNSIL dengan menggunakan metode evaluasi heuristik yang disisipkan pada tahap empathize metode design thinking untuk mengidentifikasi permasalahan secara spesifik dan mendalam berdasarkan prinsip-prinsip heuristic yang terkadang terlewatkan oleh pengguna. Data dikumpulkan dari 70 mahasiswa yang aktif menggunakan aplikasi ini melalui kuesioner System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi awal mendapatkan nilai 54 dengan skor F dengan rentang penerimaan "not acceptable. Namun, dengan penerapan metode evaluasi heuristik, berhasil dikembangkan prototipe yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tiga aspek utama usability: effectivity, efficiency, dan satisfaction. Time completion berkurang 86%, error rate menurun lebih dari 90%, dan completion rate mencapai 100%. Pengujian aspek satisfaction pada prototipe menggunakan SUS menunjukkan nilai 61 dengan skor D, dengan penerimaan "acceptable". Dengan demikian, penambahan metode evaluasi heuristik pada tahap empati metode design thinking melalui penyisipan telah membantu memperkaya proses evaluasi usability dan mengidentifikasi permasalahan yang mungkin terlewatkan oleh para pengguna. Revisi ini juga memberikan alternatif solusi untuk meningkatkan kegunaan aplikasi VClass UNSIL. Kata Kunci : Design Thinking, Elearning, Heuristic Evaluation, Usability Testing, User Experience

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:22
Last Modified: 04 Apr 2024 02:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12395

Actions (login required)

View Item View Item